Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Jalak Kapas atau Burung Jalak Cina (Sturnus Sturninus) merupakan salah satu jenis burung jalak yang mempunyai banyak penggemar. Burung jalak ini berasal dari daerah Siberia, China, dan punya habitat di kaki Pegunungan Himalaya.


Panjang tubuh burung jalak kapas ini lebih kecil apabila dibandingkan keluarga jalak-jalakan yang lainnya ialah hanya mempunyai panjang sekitar 18 cm, dengan punggung berwarna gelap, kepala dan juga dada yang berwarna abu-abu. Sedangkan pada bab sayap hitam-hijau berkilau dilengkapi garis sayap putih yang cukup mencolok. Meski sekilas sama, burung jalak kapas jantan serta betina sanggup dibedakan dari warna bulu yang berada di bab punggung atau bab tubuh atas.


Cara Ternak Burung Jalak Kapas Bagi Pemula


Persiapan Kandang Ternak Burung Jalak Kapas


Kandang yang perlu disiapkan untuk ternak burung jalak kapas sanggup berupa sangkar permanen ataupun sangkar, kalau tidak ingin repot, maka gunakan sangkar yang sanggup dibeli di toko. Ukuran sangkar yang dipakai sanggup disesuaikan.


Pemilihan Indukan Burung Jalak Kapas


Pilihlah indukan burung jalak kapas yang berkualitas baik, sehat dan tidak cacat serta mempunyai bunyi yang nyaring dan mempunyai nafsu makan yang baik. Pemilihan indukan berkualitas baik dilakukan biar anakan yang dihasilkan juga berkualitas.


Cara membedakan jenis kelamin burung jalak kapas jantan dan betina sanggup dilihat dari ciri fisiknya.


Ciri-ciri burung jalak jantan ialah mempunyai warna tubuh bab atasnya hitam mengkilap dan kilauan berwarna ungu; sayapnya berwarna hitam agak hijau berkilau dilengkapi garis-garis sayap yang berwarna putih. Pada bab kepala dan bab dada mempunyai warna abu-abu. Dengan bercak berwarna hitam di tengkuk serta perut yang berwarna putih.


Jalak kapas yang jantan mempunyai warna punggung yang hitam dan berkilau disertai bintik cokelat, serta sayap dan ekornya berwarna hitam.


Burung yang pandai balig cukup akal mempunyai warna bulu cokelat pucat dengan tubuh bab bawah dengan warna bintik-bintik kecokelatan. Selain itu, mempunyai iris berwarna cokelat, paruh kehitaman serta bab kaki yang mempunyai warna hijau. Jalak kapas betina mempunyai bulu punggung berwarna abu-abu.


Lebih singkatnya, perbedaan burung jalak kapas jantan dan betina yaitu:



  • Jalak kapas jantan mempunyai warna punggung lebih kehitaman, sedangkan betina lebih ke abu-abuan.

  • Warna di bab sayap juga kehitaman dan sedikit hijau.

  • Kepala jantan cenderung berwarna abu-abu.


Cara Menjodohkan Burung Jalak Kapas


Cara menjodohkan jalak kapas ialah dengan memasukkan indukan jantan dan betina burung jalak kapas dalam satu sangkar, kemudian tutup sangkar dengan kain pada malam hari dan biarkan kedua indukan saling mengenal.


Pakan dan Minum Burung Jalak Kapas


Makanan yang diberikan pada jalak kapas sanggup berupa voer atau sanggup juga buah bertekstur lembut menyerupai pisang kepok.


Dalam sangkar diberi air minum dan untuk menjaga kebersihannya, air minum minimal diganti secara rutin minimal satu kali sehari.


Cara Merawat Burung Jalak Kapas


Agar burung tidak stres dan nafsu makannya berkurang akhir tidak nyaman, maka bersihkan sangkar secara rutin. Pembersihan sangkar ini juga bertujuan biar burung tidak gampang terjangkit penyakit.


Agar burung jalak kapas mendapat udara luar yang lebih segar, lakukan pengembunan secara rutin setiap pagi hari jam 7-8 hanya di pagi hari dan sore hari di jam 4-5.


Untuk menjaga kebersihan burung dan burung lebih terlihat segar, maka mandikan burung jalak kapas secara rutin setiap pagi dengan cara menyemprotkan air. Setelah akhir dimandikan, lakukan penjemuran selama sekitar 1 jam biar burung jalak kapas mendapat vitamin D.


Demikian artikel perihal “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Jalak Kapas Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel