Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cucak Wilis Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cucak Wilis Bagi Pemula Agar Sukses  – Cucak Wilis atau Cucak Gunung (Pycnonotus bimaculatus) yaitu jenis burung kicauan yang merupakan burung endemik Indonesia dengan kawasan persebarannya terdapat di Sumatra, Jawa, hingga Bali. Burung cucak wilis banyak ditemukan di areal pegunungan dengan ketinggian mencapai 3000 mdpl. Nama lain burung cucak wilis yaitu cucak gunung, burung cucak rante, dan cucak rengganis serta dalam bahasa inggris disebut dengan orange-spotted bulbul.


Ciri khas burung cucak wilis sanggup diamati dari suaranya yang terdengar cukup riuh, burung cucak wilis ini mempunyai ukuran badan yang cukup besar mencapai 20 cm. Paruh burung cucak wilis tidak begitu panjang dan terlihat berwarna hitam.


Warna bulunya cukup manis yaitu coklat kehitaman yang disapu dengan adonan warna hijau zaitun yang ada di bab punggung tubuhnya. Bagian dagu, tenggorokan, dan dadanya mempunyai warna hitam kecoklatan; bab perutnya berwarna putih keabuan; bab tunggir erat pangkal ekornya terlihat berwarna kuning, kepalanya berwarna coklat yang mana ada bentuk jambulnya. Sedangkan bab kedua belah pipinya tampak dengan warna kuning. Bagian ekornya berwarna coklat kehitaman dengan ukuran cukup panjang.


Cara Ternak Budidaya Burung Cucak Wilis


Persiapan Kandang Burung Cucak Wilis


Kandang untuk ternak burung cucak wilis sanggup disiapkan dengan membuatnya sendiri atau membelinya di kios burung. Ukuran sangkar atau sangkar sanggup diadaptasi tapi jangan terlalu kecil maupun terlalu besar .


Pemilihan Burung Cucak Wilis


Pilihlah burung cucak wilis yang berkualitas, sehat dan tidak ada cacat, lincah, mempunyai nafsu makan yang baik. Disarankan pilih burung cucak wilis jenis kelamin jantan alasannya yaitu suaranya lebih keras dan apabila perawatan dilakukan dengan baik maka kualitas bunyi yang akan dihasilnya juga akan lebih merdu dan yummy untuk di dengar.


Makanan Burung Cucak Wilis


Pakan yang diberikan pada burung cucak wilis sanggup berupa voer; buah-buahan ibarat buah pisang kepok, pepaya, atau mangga; serta serangga ibarat jangkrik dan lain sebagainya.


Perawatan Burung Cucak Wilis


Selain pakan, burung cucak wilis juga harus diberi minum. Pakan dan minum harus diganti secara rutin. Sering-sering bersihkan sangkar burung biar kotorannya tidak menumpuk dan menciptakan burung terganggu dan stres.


Agar burung tetapbersih dan bulunya rapi, mandikan burung cucak wilis minimal dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari dengan cara disemprot air dengan botol spray. Setelah dimandikan, jemur burung biar menerima vitamin D dari matahari, penjemuran ini dilakukan sekitar 1 jam yaitu setiap jam 7-8 pagi.


Demikian artikel ihwal “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cucak Wilis Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cucak Wilis Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel