Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kembung Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kembung Bagi Pemula Agar Sukses – Ikan Kembung yaitu nama sekelompok ikan maritim yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger dan suku Scombridae. Meski bertubuh kecil, ikan kembung ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel. Nama lain ikan kembung yaitu lema atau tatare (Ambon) dan banyar atau banyara (Makassar).


Ciri-ciri ikan kembung yaitu mempunyai badan ramping memanjang, memipih dan agak tinggi, 1 : 3,7-6 dibandingkan dengan panjang badan FL (fork length). Sisi dorsal gelap, biru kehijauan hingga kecoklatan, dengan 1-2 deret bintik gelap membujur di bersahabat pangkal sirip punggung; sisik ventral keperakan.


Sisik-sisik yang menutupi badan kembung berukuran kecil dan seragam. Sirip punggung dalam dua berkas, diikuti oleh 5 sirip kecil suplemen (finlet). Jumlah finlet yang sama juga terdapat di belakang sirip anal, duri pertama sirip anal tipis dan kecil (rudimenter). Sepasang lunas ekor berukuran kecil terdapat di masing-masing sisi batang ekor. Di depan dan belakang mata terdapat pelupuk mata berlemak (adipose)


Diperairan Indonesia, ada tiga spesies ikan kembung yang dikenal diantaranya yaitu Rastrelliger faughni (kembung), Rastrelliger brachysoma (kembung perempuan) dan Rastrelliger kanagurta (kembung lelaki).


Ikan kembung mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi, sehingga tak heran kalau banyak menyukai ikan ini. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya ikan kembung:


Cara Budidaya Ikan Kembung Bagi Pemula


Persiapan Kolam Budidaya Ikan Kembung


Pilih lokasi budidaya yang mempunyai tanah dengan kandungan zat tanah yang baik dan juga tidak terkotori limbah serta usahakan jauh dari pemukiman warga. Jika lokasi sudah ditentukan, selanjutnya buat bak budidaya, pastikan semoga pH tanah cocok. Kolam dibentuk dengan bentuk persegi panjang dan pematang berbentuk trapesium dengan tingkat kemiringan 1:1. Tinggi pematang dibentuk setinggi 1,5-2 m. Pematang sanggup dibentuk berbahan tanah ataupun semen. Pada bab atas pematang sebaiknya ada tumbuhan air semoga tidak gampang longsor.


Jika bak sudah jawaban dibuat, diamkan bak selama kurang lebih seminggu sebelum memasukkan bibit kolam. Setelah itu, isi bak dengan air setinggi 60-100 cm kemudian biarkan selama 3-7 hari. Hal ini bertujuan untuk membuatkan pakan alami bagi ikan seperi mikroorganisme, lumut dan juga cacing.


Pemilihan dan Penebaran Bibit Ikan Kembung


Pilihlah ikan kembung yang berkualitas untuk dijadikan bibit dengan memperhatikan aktivitas, kelincahan serta kelengkapan fisiknya. Waktu penebaran ikan kembung yang baik yaitu pada pagi atau sore hari. Hal ini bertujuan semoga benih terhindar dari terik matahari, alasannya yaitu terik matahari sanggup menciptakan mereka terluka.


Proses Pemijahan Ikan Kembung


Kolam pemeliharaan juga menjadi bak pemijahan bagi ikan kembung, jadi apabila berhasil menemukan telur ikan di kolam, maka segera pindahkan ke aquarium khusu berukuran 65 x 45 x 45 cm. Pada dikala melaksanakan proses pemijahan sanggup memanen kurang lebih sebanyak 10 ribu telur ikan.


Pakan Ikan Kembung


Pemberian pakan untuk ikan kembung ini sama ibarat jeinis ikan lainnya yaitu diberikan sebanyak 2-3 kali sehari dan usahakan jangan telat alasannya yaitu sanggup menciptakan ikan stress.


Perawatan Ikan Kembung


Pada dikala cuaca terik terutama pada demam isu panas, air bak akan menguap dengan cepat. Maka perhatikan ketinggian air, jangan hingga ketinggian air bak menyusut dan tidak segera diisi. Pada dikala demam isu kemarau sangat disarankan untuk menambahkan air 3 hari sekali. Tapi, jangan terlalu sering mengisi air bak alasannya yaitu akan mengganggu sirkulasi air.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kembung Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Kembung Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel