Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot Bagi Pemula – Cocor Bebek atau Suru Bebek ialah tumbuhan sukulen (mengandung air) yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini terkenal sebab perkembangbiakannya yang melalui tunas daun (tunas/adventif). Nama latin cocor angsa yaitu Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn. Bryophyllum pinnatum. Cocor angsa terkenal dipakai sebagai tumbuhan hias di rumah namun banyak pula yang tumbuh liar di kebun dan pinggir parit yang mempunyai tanah berbatu.


Klasifikasi ilmiah Cocor Bebek

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Saxifragales

Famili: Crassulaceae

Genus: Kalanchoe

Seksi: Bryophyllum

Spesies: Kalanchoe pinnata


Cocor angsa mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin. Cocor angsa sanggup dipakai sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok dan penyakit kulit lain, menyembuhkan demam, memperlancar haid dan obat luka.


Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot


Persiapan Pot dan Media Tanam Cocor Bebek


Pertama, siapkan terlebih dahulu daerah tanam bunga berupa pot, polybag atau wadah lainnya Selanjutnya, siapkan media tanam berupa gabungan tanah dan pupuk sangkar atau kompos. Jika sudah siap, masukkan media tanam ke daerah tanam.


Penanaman Cocor Bebek Dalam Pot


Ambil 2 helai daun cocor angsa dari tumbuhan cocor angsa yang tua, kemudian letakkan daun tersebut di pot, kemudian tutup dengan tanah tipis saja kemudian siram pot dengan memakai sistem spray untuk menjaga kelembaban media tanam. Biarkan sampai cocor angsa mengeluarkan tunas dan tumbuh.


Cara perkembangbiakan secara tunas daun pada cocor angsa akan menghasilkan beberapa batang tumbuhan dalam satu daun. Setelah tumbuhan cocor angsa tumbuh dan telah mencapai ketinggian 10 -15 cm, lakukan penjarangan dengan cara memindahkan sebagian batang tumbuhan ke media tanam lainnya dan sisakan 2-3 tumbuhan saja dalam satu pot.


Perawatan Tanaman Cocor Bebek Dalam Pot


Lakukan penyiraman secara rutin maksimal setiap 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari, penyiraman tersebut sanggup memakai air cucian beras atau air biasa. Selain itu lakukan pemupukan dan penyiangan sebanyak 2 ahad sekali secara rutin. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos. Sedangkan, tujuan penyiangan yaitu semoga nurtrisi yang diharapkan tumbuhan tidak berebut dengan gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Cocor Bebek Dalam Pot Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel