Panduan Lengkap Cara Menanam Genjer Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Menanam Genjer Bagi Pemula Agar Sukses – Genjer atau Paku Rawan (Limnocharis flava) merupakan sejenis tumbuhan sayur yang banyak ditemukan di perairan dangkal menyerupai sawah atau rawa.


Tanaman genjer sanggup tumbuh sampai ketinggian 50 cm, tangkainya panjang dan berongga, mempunyai mahkota bunga berwarna kuning.


Klasifikasi Ilmiah Genjer

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Alismatales

Famili: Limnocharitaceae (APG II), Alismataceae (APG III)

Genus: Limnocharis

Spesies: L. flava


Sayur genjer diketahui mengandung nilai gizi yang tinggi, untuk itu selain dikonsumsi, petani mulai membudidayakan genjer untuk dijual. Penanaman tersebut biasanya dilakukan sehabis panen padi.


Cara Menanam Genjer Bagi Pemula


Persiapan Bibit Genjer


Siapkan bibit genjer yang baik dan berkualitas, pilih bibit yang mempunyai daun cantik dan tidak ada cacat atau penyakit. Bibit tersebut sanggup diperoleh dengan mencabut bibit dari perairan lain atau mencabut tumbuhan muda pada bab akar dari tumbuhan genjer yang sudah tua.


Persiapan Lahan Tanam Genjer


Jika penanaman genjer akan di lakukan di tanah gambut maka pengolahannya hampir sama dengan di sawah. Sebelum ditanami genjer, lahan di bajak untuk menggemburkan tanah dengan memastikan ketinggian air minimal 10-15 cm. Pemupukan dilakukan sehari sebelum penanaman jikalau genjer di tanam di sawah biar bunga cepat tumbuh dan menghasilkan helaian daun yang seragam dan jikalau di tanam di rawa atau lahan gambut tidak perlu pemupukan alasannya dalam tanah sudah terdapat pupuk tersendiri.


Penanaman Genjer


Bibit yang sudah siap tanam di tanam di lahan tanam dengan cara menekan akar kedalan tanah memakai jempol tangan dengan jarak tanam antar genjer sekitar 10 sampai 15 cm. Penanaman yang baik dilakukan pada sore hari ketika matahari telah redup sehingga mengurangi penguapan dan genjer tidak layu.


Perawatan Tanaman Genjer


Perawatan tumbuhan genjer mudah, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos sehabis genjer berusia sekitar 20 hari dengan cara di tebar menyeluruh. Pengaturan irigasi juga harus benar alasannya tumbuhan genjer menyukai kawasan yang mempunyai ketersediaan air yang cukup. Lakukan pula penyiangan biar tumbuhan tidak terganggu dalam perembesan zat hara oleh gulma.


Masa Panen dan Pasca Panen Genjer


Pemanenan genjer sanggup dilakukan pada ketika tumbuhan sudah mencapai umur sekitar 2-3 bulan dengan cara memetik bab tangkai bunga dan bunganya atau mengambil bab batang herba dan juga daunnya. Pemanenan sanggup dilakukan 3-4 hari sehabis pemanenan sebelumnya.


Demikian artikel perihal “Panduan Lengkap Cara Menanam Genjer Bagi Pemula Agar Sukses” Semoga  bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Genjer Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel