Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga Aster yaitu salah satu jenis bunga yang berasal dari Tiongkok, bunga ini sanggup tumbuh dengan ketinggian rata-rata sekitar 30-70 cm. Bunga aster berdaun susun dan mempunyai banyak variant warna ibarat putih, ungu, biru, pink dan lainnya dengan serpihan tengah berwarna kuning.


Klasifikasi ilmiah Aster

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiosperms

(tidak termasuk): Eudicots

(tidak termasuk): Asterids

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Upafamili: Asteroideae

Bangsa: Astereae

Genus: Aster


Ada beberapa jenis bunga aster diantaranya yaitu:


Aster chinensis tipe Princes mempunyai warna bunga merah muda, kuning muda, biru muda, biru renta dan putih.

Aster chinensis tipe Amerika mempunyai warna bunga biru muda, merah muda, merah tua, merah lembayung dan putih.

Aster chinensis tipe Liliput mempunyai warna bunga merah muda, merah tua, biru dan putih.

Aster chinensis tipe Giant Cornet mempunyai warna bunga merah tua, merah muda, dan putih.

Aster novae-angliae mempunyai warna bunga hanya violet muda.

Aster incises: mempunyai warna bunga violet dan agak kebiruan.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster Dalam Pot


Persiapan Bibit Bunga Aster


Bibit bunga aster ang akan ditanam sanggup diambil dari benih bibit tumbuhan aster secara pribadi atau membeli bibit aster di toko tanaman. Tanaman yang baik untik diambil benih yaitu tumbuhan yang mempunyai umur sekitar 6-12 bulan. Ambil bunga tumbuhan induk tersebut untuk dibentuk benih kemudian jemur bunga hingga kering, kalau sudah pisahkan biji dari bunganya.


Persiapan Penanaman Benih Bunga Aster


Apabila benih sudah siap, selanjutnya benih disemaikan terlebih dahulu pada media semai. Media semai dibentuk dari gabungan tanah dengan pasir dan juga pupuk kandang/kompos yang halus ( 1 : 1 :1). Selanjutnya, semaikan benih pada media semai, kemudian tutup dengan media tanam lagi namun tipis saja. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban media secara rutin. Jika sudah menjadi bibit dengan 4-5 helai daun, bibit aster sanggup dipindahkan pada media tanam permanen.


Penanaman Bunga Aster Dalam Pot


Pada penanaman, bibit bunga ditanam pada polybag atau pot yang sudah diisi dengan gabungan tanah, pasir, pupuk sangkar atau kompos dengan perbadingan 1:1:1. Pada polybag atau pot dibentuk lubang tanam (sesuaikan dengan ukuran bibit bunga), kemudian tanam bibit bunga aster dengan posisi tegak pada lubang tanam yang telah dibentuk kemudian timbun dengan media tanam dengan sedikit dipadatkan. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada sore hari.


Pemeliharaan Bunga Aster Dalam Pot


Lakukan penyiraman bunga aster dilakukan secara teratur setiap dua hari sekali. Lakukan pula pemupukan dengan memakai pupuk NPK dengan takaran 1 sendok per tanaman, kontribusi pupuk diberikan dengan cara diletakkan atau ditabur pada sekitar tanaman. Pemangkasan pucuk juga perlu dilakukan biar merangsang cabang dan tunas baru. Bunga aster sanggup tumbuh hingga umur sekitar 1-2 tahun.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel