Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Fittonia Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Fittonia Bagi Pemula – Tanaman bunga Fittonia atau Tanaman saraf (Fittonia spp.) merupakan salah satu tumbuhan hias berwarna hijau dengan daun berurat hijau yang halus, selain hijau warna uratnya ada yang putih keperakan, pink dan putih.


Tanaman ini disebut dengan tumbuhan saraf lantaran bentuknya yang ibarat anutan darah dalam badan manusia. Fittonia ditemukan pada masa ke-19, oleh andal tumbuhan asal Irlandia yang berjulukan Elizabeth dan Sarah Mary Fitton, itulah sebabnya tumbuhan ini disebut bunga fittonia.


Fittonia masih merupakan keluarga Acanthaceae. Tanaman yang habitat aslinya berada di Amerika Selatan ini populer dengan dedaunannya yang sangat indah, berwarna hijau gelap dengan garis-garis tulang yang berwarna putih atau merah, tergantung jenisnya.


Karakteristik tumbuhan bunga fittonia ialah lebih menyukai cahaya yang redup dan tidak terlalu menyilaukan; tidak tahan dengan suhu udara yang dingin; menyukai tanah yang lembab, tapi tidak berair atau becek; dan sangat menyukai udara yang lembab, dan dedaunannya pun terlihat lebih indah pada udara dengan kelembaban tinggi.


Cara Budidaya dan Merawat Fittonia Bagi Pemula


Cara Menanam Bunga Fittonia



  • Pertama, siapkan media tanam yang akan dipakai berupa tanah.

  • Kemudian, siapkan pot sesuai dengan ukuran tumbuhan Fittonia yang akan ditanam.

  • Selanjutnya, masukkan sedikit tanah ke dalam pot hingga menutupi sekitar 1/3 penggalan pot.

  • Setelah itu, keluarkan bibit bunga fittonia dari polybag atau kawasan sebelumnya, dan pindahkan ke pot yang baru.

  • Berikutnya, tutupi pot dengan tanah hingga mencapai batas leher pot kemudian berikan semprotan air ke permukaan tanah di dalam pot.


Cara Merawat Bunga Fittonia


Simpan tumbuhan Fittonia di kawasan yang cukup terang, tapi hindari terkena sinar matahari secara eksklusif lantaran dapat menciptakan daun tumbuhan menjadi berwarna kecoklatan. Selain itu, hindarkan fittonia dari kawasan yang terlalu berangin.


Lakukan derma air pada tumbuhan fittonia sebanyak 2-3 kali seminggu. Gunakan air dengan suhu ruangan ketika menyemprotkan air ke fittonia, hindari memakai air yang terlalu dingin. Langsung semprotkan air kalau dedaunan terlihat agak layu, tapi jangan terlalu berlebihan memperlihatkan air pada Fittonia.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Fittonia Bagi Pemula“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Fittonia Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel