10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak

Manfaat Tangkai Daun Talas dan Cara Menggunakannya



tanipedia.co.id – Tangkai tumbuhan talas  yakni termasuk tumbuhan yang hampir seluruh bagiannya sanggup dimanfaatkan yaitu penggalan tangkai, tangkai tangkai, dan juga pelepah, umbinya baik itu induk maupun anakan sanggup dimakan. Hanya penggalan akar serabutnya yang tidak sanggup dimakan atau belum diselidiki kemungkinan sanggup dimanfaatkan.


Manfaat Tangkai Daun Talas dan Cara Menggunakannya 10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak


Ternyata tumbuhan yang termasuk liar ini mempunyai banyak bagi binatang ternak. Tumbuhan talas yang merupakan suku araceae mempunyai nama latin colocasia esculentia schott. Di indonesia tumbuhan ini mempunyai banyak nama tergantung dari wilayahnya berasal. Di sambas dikenal dengan keladi,jawa dikenal dengan sebutan gelo/talesdi flores ” ufi lole”, di makassar “paco”, di bugis “aladi”, di maluku “bete”.


Tumbuhan ini juga dikategorikan sebagai tumbuhan semak lantaran mempunyai tangkai yang lebat serta mempunyai khasiat dan manfaat besar untuk binatang ternak. Khasiat dan manfaat tangkai tumbuhan talas bagi binatang ternak di peroleh lantaran kandungan kimia yang terdapat didalam  umbi, tangkai tangkai dan tangkai colocasiaesculenta mengandung polifenol. Demikian juga tangkai tangkai serta umbi yang mengandung saponin. Selain itu khasiat dan manfaat umbi tangkai tumbuhan talas ( colocasia esculanta ) yakni sebagai obat sakit maag , sakit berak berdarah.


Cara pengobatan penyakit maag yaitu ambil secukupnya umbi tumbuhan talas kemudian direbus dan dimakan menyerupai cemilan pada waktu bersantai. Sedangkan cara pengobatan berak berdarah yaitu sediakan kira-kira 100 gr umbi colocasia esculenta ,kemudian dikupas kemudian dicuci bersih, kemudian diparut dan diperas serta disaring airnya diminum sekaligus hingga habis.


Sedangkan khasiat dan manfaat kulit tangkai tangkai tumbuhan talas yakni untuk pembalut luka yang baru. Kulit tangkai tangkai tumbuhan talas diremukkan hampir halus dan digunakan untuk membalut luka yang ingin di sembuhkan. Selain itu pula ternyata tangkai tumbuhan talas ini mempunyai kandungan kandungan gizi yang tinggi sehingga sanggup dijadikan obat untuk medis diantaranya zat besi, kalsium, garam fosfat, zat protein, vitamin a, dan b.


Zat–zat tersebut terdapat pada tangkaiya yang sangat baik untuk mengobati banyak sekali penyakit medis diantaranya untuk mengobati diare,untuk mengobati disentri, untuk mengobati biduren, untuk mengobati radang ginjal, serta untuk mengobati nyeri sendi dan otot. Nah, berikut selengkapnya 10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak.


1. Pembentukan & pertumbuhan otot pada luka


Tangkai daun talas mengandung kandungan zat protein yang lebih tinggi dibanding kadar zat protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas / nila. Namun masih setara dengan kandungan zat protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram tangkai daun talas anda sanggup memperolah 25,2 gram zat protein.


Coba anda bandingkan dengan kadar zat protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan zat protein yang tinggi akan menguntungkan anda lantaran akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada badan binatang ternak.


2. Mempercepat penyembuhan luka


Daging tangkai daun talas juga banyak mengandung albumin dalam kadar yang sangat tinggi. Perlu anda ketahui bahwa albumin yakni salah satu jenis zat protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada badan binatang ternak.


3. Menjaga keseimbangan cairan dalam badan semoga luka cepat kering


Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh. Jika kondisi badan binatang ternak kadar cairan berkurang, maka zat protein yang masuk dalam badan akan pecah sehingga tak sanggup berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam badan mencapai 60%.


4. Sehat untuk pencernaan hewan


Tangkai daun talas mempunyai struktur daging yang lebih empuk, anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan binatang ternak lantaran ia sangat gampang di cerna. Hal ini lantaran tangkai daun talas mempunyai zat protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar zat protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan zat protein kolagen.


5. Penyembuhan banyak sekali penyakit lantaran luka


Dapat membantu proses penyembuhan banyak sekali penyakit yang mengakibatkan luka pada binatang ternak menyerupai penyakit  terjatuh, berkelahi, luka kulit, jamur, dll.


6. Memperbaiki gizi jelek semoga luka cepat sembuh


Dapat memperbaiki gizi jelek yang banyak terdapat pada binatang ternak lantaran dalam 100 gr tangkai daun talas saja sudah sangat cukup memenuhi banyak sekali kebutuhan gizi yang sangat penting untuk binatang ternak terutama untuk anakan.


7. Membantu penyembuhan cacat


Tangkai daun talas mempunyai kandungan yang sanggup berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap binatang ternak yang cacat.


8. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi


Tangkai daun talas sanggup mempercepat proses penyembuhan pada luka pasca operasi.  Ini lantaran kandungan albumin yang tinggi pada tangkai daun talas, sehingga secara cepat sanggup membantu proses pembentukan sel  dan jaringan gres pada penggalan badan binatang ternak anda  yang telah rusak jawaban proses operasi.


9. Membantu mengatasi pembengkakan di badan lantaran luka


Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin dalam tangkai daun talas yang cukup tinggi juga sanggup membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di badan binatang ternak.


10. Meningkatkan daya tahan badan semoga luka cepat sembuh


Anda yang ingin binatang ternak punya daya tahan badan lebih baik? Jangan lupa berikan tangkai daun talas secara rutin, konsumsi tumbuhan ini akan menciptakan badan binatang ternak anda tidak gampang terjangkit banyak sekali penyakit jawaban perubahan cuaca maupun lantaran faktor lain da jikalau luka cepat sembuh.


Cara Memberikan Tangkai Daun Talas untuk Hewan Ternak


“pembuatan ekstrak tangkai tangkai tumbuhan talas dilakukan dengan metode maserasi, yaitu tangkai tangkai tumbuhan talas dikeringkan dengan memakai panggangan kemudian diserbukkan.


Langkah selanjutnya, serbuk tangkai tangkai tumbuhan talas ini diambil sebanyak 100 gram kemudian dimaserasi dengan etanol 70% sebanyak 1000 ml selama 72 jam. Setelah 72 jam, filtrat dievaporasi dengan memakai rotary evaporator. Hasil evaporasi dimasukan ke dalam panggangan pada suhu 40 derajat C hingga diperoleh ekstrak kental.


“berdasarkan kandungan kimia yang terkandung dalam tumbuhan tumbuhan talas yang diduga berpotensi sebagai alternatif obat luka, maka potensi ekstrak etanol tangkai tangkai tumbuhan talas (colocasia esculenta l.) Misalnya sebagai alternatif obat luka pada kulit kelinci (oryctolagus cuniculus),”


Baca juga tentang:



Sebagai isu tambahan, tumbuhan tumbuhan talas mempunyai kandungan diantaranya yaitu flavonoid dan saponin. Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang mempunyai fungsi sebagai senyawa antibakteri dengan cara membentuk senyawa kompleks terhadap zat protein ekstraseluler yang mengganggu integritas membran sel bakteri.


Flavonoid merupakan senyawa fenol yang sanggup bersifat koagulator zat protein. Sedangkan saponin mempunyai tingkat toksisitas yang tinggi melawan fungi, sehingga membantu dalam proses penyembuhan luka. Semoga dengan adanya artikel kali ini sanggup bermanfaat untuk Anda semuanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih lantaran sudah membaca artikel kali ini.


Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Tangkai Daun Talas untuk Luka Hewan Ternak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel