Panduan Lengkap Cara Budidaya Pembibitan Kelinci Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Pembibitan Kelinci Bagi Pemula Agar Sukses – Kelinci ialah binatang mamalia dari famili Leporidae. Secara umum, kelinci sanggup dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan habitatnya kelinci dibedakan menjadi kelinci liar (Lepus Curpaeums) dan kelinci peliharaan (Oryctolagus Cuniculus). Berdasarkan panjang bulunya dan ada juga kelinci yang menurut ras yang terdiri dari Himalayan, English Spot, Lyon, Angora, American Chinchilla, dan Dutch, Kelinci Jawa (lepus Negricollis), Kelinci Sumatra (Nesolagus Netseherischgel).


Klasifikasi Ilmiah Kelinci

Kingdom: Animalia

Superfilum: Chordata

Filum: Vertebrata

Kelas: Mammalia

Ordo: Lagomorpha

Famili: Leporidae


Baca Juga : Budidaya Kelinci


Tidak hanya dipakai sebagai binatang peliharaan, tapi sekarang juga dijadikan sebagai binatang konsumsi. Tingginya minat terhadap binatang dengan bentuk dan tingkah lucu tersebut mengakibatkan proses budidaya banyak dilakukan. Dalam prosesnya untuk sanggup membudidayakan kelinci maka langkah awal yang dilakukan ialah pembibitan dengan baik dan benar.


Cara Pembibitan Kelinci Bagi Pemula


Persiapan Kandang Kelinci


Untuk tahapan awal, sebaiknya pilih dan siapkan sangkar dengan skala kecil dalam bentuk bertingkat semoga sanggup menghemat tempat. Kadang sanggup dibentuk sendiri dengan materi dasar kayu dan kawat ram untuk mengurangi biaya. Sebaiknya peletakan sangkar kelinci berada tidak terlalu jauh dari rumah tapi tidak terlalu bersahabat juga dan pastikan sangkar berada pada lingkungan yang nyaman.


Pemilihan Indukan Kelinci


Lakukan proses pemilihan indukan kelinci yang baik semoga menghasilkan bibit yang baik pula. Ada dua jenis kelinci yang sanggup dipilih yaitu ras pedaging maupun kelinci hias. Kedua jenis kelinci tersebut sanggup dipilih sesuai dengan minat peternak dan analisa kebutuhan pasar. Indukan kelinci harus dalam kondisi yang sehat dan mempunyai keadaan badan paling ideal.


Baca Juga : Budidaya Kelinci Anggora


Proses Perkawinan Kelinci


Jika indukan sudah dipilih, pastikan jenis kelamin kelinci indukan benar yaitu satu jantan dan satu betina kelinci. Sebelum mengawinkan kelinci, pastikan kondisi kelinci sudah mempunyai birahi kemudian masukan kelinci betina ke dalam sangkar jantan untuk proses perkawinan. Proses kawin sanggup dilakukan pengulangan dengan menawarkan jeda waktu istirahat sampai kelinci betina menawarkan penolakan.


Pemeliharaan Kelinci


Perhatikan tanda tanda kelinci betina sudah dalam kondisi hamil dengan melihat fisik maupun sikap dari kelinci tersebut yang akan mempunyai nafsu makan tinggi, agresif, dan mulai menciptakan sarang.


Baca Juga : Ternak Hamster


Kelahiran Anakan Kelinci


Proses kehamilan kelinci betina yang akan berlangsung selama kurang lebih 30 hari tergantung dari jenis kelincinya. Mengingat kelinci terkadang mempunyai sifat kanibal maka anakan kelinci yang gres lahir sanggup dipisahkan dengan indukan jantannya dan selalu perhatikan sikap dari indukan betina apakah mau merawat anakannya. Jika kelinci betina terlihat bergairah pada anakannya maka sanggup dipisah dan anakan dirawat sendiri.


Demikian pembahasan perihal cara budidaya pembibitan kelinci bagi pemula, semoga bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Pembibitan Kelinci Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel