Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula

Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula 



Cara Beternak Walet – Burung walet merupakan salah satu jenis burung liar yang didomestikasikan dengan cara menempatkan sarang atau sangkar di suatu kawasan yang ibarat habitat aslinya. Burung walet juga yaitu salah burung yang mempunyai manfaat yang sangat banyak sehingga banyak di cari dan di ternak oleh banyak orang. 


Banyaknya orang yang mencari sehingga banyak pera peternak ingin ternakkan burung tersebut, dikarenakan burung tersebut mempunyai harga jual yang cukup tinggi. Salah satu yang menciptakan harga mahal dari burung tersebut yaitu air liur yang sanggup dimanfaatkan untuk apapun, terutamanya untuk obat yang mengatasi banyak sekali penyakit. Bila kalian masih pemula atau sudah hebat ada beberapa cara sukses ternak walet dengan gampang yang harus diketahui yaitu sebagai berikut:


 Burung walet merupakan salah satu jenis burung liar yang didomestikasikan dengan cara men Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula

Cara Ternak Walet Dengan Mudah


Adapun cara ternak walet yang diantaranya yaitu:

Persiapan Kandang “Bangunan Rumah Walet”


Pada umumnya burung walet di budidayakan di gedung yang mempunyai ukuran cukup tinggi dan luas, sangkar tersebut sanggup berukuran 10 x 15 cm atau 10 x 20 cm. Pada sangkar dan rumah walet juga diberi lubang dengan ukuran 20 x 20 cm atau 20 x 35 cm dengan jumlah lubang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi gedung. 

Pembibitan Walet


Pembibitan ini dilakukan dengan cara alami yaitu dengan memanggilnya memakai tape recorder dengan bunyi walet yang sanggup dilakukan pada sore hari yaitu jam 4-6, sebelumnya di letakan terlebih dahulu telur biar menetas yang sanggup didapatkan dari peternak lain. 

Perawatan Walet


Walet yang gres menetas, harus dilakukan perawatan dan sebaiknya berikan alat pemanas sehingga tidak gampang terjangkit penyakit dan mati. Berilah pakan walet berupa pelet atau kroto dan lakukan perawatan hingga baik. Pemberian pakan sanggup dilakukan 2 kali dalam sehari atau 3 kali dalam sehari. 

Setelah anakan berumur 10 hari lebih, pindahkan anakan tersebut didalam kotak atau sangkar dan berikan alat pemans serta lakukan pemeliharaan dengan baik hingga berumur 1-2 bulan. 

Pemeliharaan Kandang 


Pemeliharaan sangkar memang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan dan menghindari terkena penyakit berbahaya yang akan menyerang walet. Pemeliharaan sangkar berupa membersihkan sangkar dengan teratur, membuang kotoran yang masih melekat dan menggantikan kotak atau sangat yang tidak layak pakai. 

Pemanenan Walet


Pemanenan walet sanggup dilakukan 2x, 3x atau 4x dalam setahun, pemanenan walet sanggup dilakukan dengan 3 cara yaitu:



  • Panen dengan cara melaksanakan perampasan, sanggup dilakukan dengan menjaga walet cepat bertelur dan menciptakan sarang sehingga dikala usai menciptakan sarang lakukan perampasan dengan cara memanennya secara perlahan-lahan.

  • Panen dengan cara memisahkan telurnya dari sarangnya, panen ini sanggup juga dilakukan namun perlu diketahui bahwa walet tersebut tidak menetaskan telurnya secara maksimal.

  • Panen dengan cara menetaskan telur terlebih dahulu, pemanenan sanggup dilakukan dengan menetaskan telur terlebih dahulu gres mengabil sarang air liur tersebut. 


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya. 


Baca Juga:






Belum ada Komentar untuk "Peluang Bisnis, Cara Beternak Walet Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel