6 Cara Paling Mudah Membuat Pakan Ikan Mas Untuk Pemula

Cara Membuat Pakan Ikan Mas Paling Mudah



Cara Membuat Pakan Ikan Mas – Dari sekiat banyak jenis ikan yang biasa dibudidayakan di Indonesia, ikan lele mungkin merupakan salah satu jenis ikan yang terbilang sangat populer. Ikan mas dikenal akan rasanya yang gurih dan mempunyai dagingnya yang tekstur empuk.


Cara Membuat Pakan Ikan Mas Paling Praktis 6 Cara Paling Praktis Membuat Pakan Ikan Mas Untuk Pemula


Jenis ikan ini sanggup diolah menjadi banyak sekali jenis kuliner mulai dari pepes hingga ikan mas goreng yang renyah. Melihat tingginya kebutuhan akan ikan mas, banyak orang yang memutuskan untuk membudidayakan ikan mas sendiri. Budidaya ikan mas dianggap sebagai lahan bisnis gres yang cukup menjanjikan.


Pemberian Pakan


Dalam hal ini satu faktor penting dalam budidaya ikan mas ialah proteksi pakan. Ada banyak sekali jenis pakan ikan mas yang tersedia di pasaran. Pakan ikan mas di formulasikan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan ikan mas.


Untuk mendapat ikan mas dengan kualitas yang baik, kalian harus menentukan pakan dengan kualitas yang baik pula. Salah satu jenis pakan yang cukup sering dipakai untuk ikan mas ialah pelet. Akan tetapi dikarenakan harga pelet yang kian mahal, para peternak ikan mas mulai mencoba mencari alternatif pakan untuk ternak ikan mas mereka.


Membuat Pakan Sendiri


Jika kalian ingin menciptakan pakan lele sendiri, maka yang harus kalian perhatikan ialah bahan-bahan yang kalian gunakan untuk menciptakan pakan tersebut. Pada dasarnya ada banyak sekali bahan-bahan yang sanggup dipakai untuk menciptakan pakan ikan mas.


Bahan-bahan ini sanggup ditemui dengan cukup gampang dan cenderung lebih murah dibandingkan pelet. Secara garis besar, materi pembuatan pakan ikan mas sanggup dibagi menjadi dua kategori yakni materi nabati dan materi hewani.


Bahan Pembuatan Pakan


Bahan nabati ialah bahan-bahan yang didapat dari tumbuhan ibarat dedak atau bekatul. Sementara materi hewani ialah bahan-bahan organik yang merupakan hasil binatang ibarat telur atau tepung ikan. Ada juga alternative materi pakan lain yakni dengan memakai teknik kultur untuk membudidayakan plankton.


Teknik ini cukup terkenal alasannya yakni materi pakan yang dihasilkan mempunyai nilai nutrisi yang cukup tinggi. Kalian juga sanggup menciptakan pellet sendiri dengan memakai bahan-bahan sederhana ibarat tepung kedelai, tepung ikan dan tepung terigu.


Pembuatan Emulsi


Emulsi ialah salah satu bentuk pakan ikan mas yang sanggup kalian buat sendiri. Pakan jenis ini biasa diberikan pada ikan mas yang sudah berumur 5 hingga 21 hari. Adapun materi yang dipakai untuk menciptakan emulsi ialah tepung kedelai dan kuning telur ayam dengan perbandingan satu banding satu. Bila perlu kalian sanggup menambahkan vitamin ikan sebanyak 1%.


Cara pembuatan emulsi ialah dengan cara melarutkan kuning telur ayam yang telah direbus ke dalam 200 ml air matang. Tambahkan 40 g tepung kedelai dan 5 g tepung sagu. Tambahkan juga vitamin ikan sebanyak 1 g. Campuran tersebut dipanaskan sambil diaduk-aduk hingga terbentuk emulsi atau gumpalan. Cara proteksi pakan jenis ini ialah dengan menyemprotkannya di atas permukaan air. Pemberian emulsi sanggup dilakukan 6-8 kali per hari.


Cara Membuat Tepung Dan Pelet


Jenis kuliner ikan mas lainnya yang sanggup dibentuk sendiri ialah tepung. Tepung sanggup dibentuk dengan cara menghaluskan pelet. Tepung sanggup diberikan pada ikan mas berumur 40-80 hari. Selain tepung, materi pakan lain yang sanggup dibentuk sendiri ialah pelet.


Pelet sanggup dibentuk dengan memakai bahan-bahan berupa tepung ikan, tepung kedelai, tepung terigu dan kuning telur. Cara pembuatan pelet hampir sama dengan cara menciptakan emulsi. Hanya saja pelet dicetek menjadi butiran halus, bila perlu pelet sanggup dikeringkan dengan cara dijemur.


Kultur Pakan Alami


Pilihan lain sebagai pakan alternatif untuk ikan mas ialah dengan cara membudidayakan plankton sebagai kultur pakan alami. Beberapa jenis plankton yang sanggup dibudidayakan dengan teknik kultur antara lain ialah Rotifera, Moina dan Daphnia, kalian juga sanggup membudidayakan cacing Tubifek sebagai materi pakan alternatif untuk ikan mas.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Paling Praktis Membuat Pakan Ikan Mas dapat mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "6 Cara Paling Mudah Membuat Pakan Ikan Mas Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel