Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Terapung Dengan Mesin Ekstruder

Cara Membuat Pakan Ikan Terapung Untuk Pemula



Cara Membuat Pakan Ikan Terapung – Bila kalian tertarik untuk masuk dalam perjuangan yang terkait dengan pembiakan dan pembesaran ikan, perlu perhitungan dan kemampuan yang cukup. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa yang kalian tangani ialah makhluk hidup. Inilah yang menciptakan kalian harus extra hati-hati dalam banyak sekali hal, salah penanganan bisa-bisa berujung pada gagal panen yang tentunya tidak diharapkan.


Cara Membuat Pakan Ikan Terapung Untuk Pemula Cara Praktis Membuat Pakan Ikan Terapung Dengan Mesin Ekstruder


Kelebihan Pakan Terapung


Dalam hal ini salah satu poin dalam bisnis yang terkait dengan ikan hidup terkait dengan jenis pakan. Beberapa jenis ikan masuk kedalam jenis pemakan permukaan. Dan ada juga yang makan di bab bawah kolam. Dari perbedaan sikap ini, perlu jenis ikan akan mempunyai dampak pada pemberian makanan yang efektif.


Meskipun demikian bukan berarti kalian harus menuruti sifat alami ikan, perlu diingat bahwa pakan ikan yang gampang karam menjadikan penumpukan kalau tidak habis dimakan. Untuk alasan inilah, pelet apung tetap lebih baik alasannya yakni secara alami ikan lele yang lapar sekalipun akan memakan pakan yang terapung.


Syarat Mutlak Bahan Pakan Ikan Terapung


Dengan cara pembuatan yang biasa setiap orang niscaya akan punya pelet murah bikinan sendiri. Sayangnya pelet dasar ini biasanya susah mengapung. Hal ini tidak lepas dari bentuk materi yang dipilih. Untuk pelet apung, setidaknya semua materi sudah berbentuk debu atau tepung.


Jika sebelumnya kalian menggunakan ikan sisa biasa yang dihaluskan kalian perlu membuatnya menjadi tepung ikan. Untuk cara menciptakan tepung ikan ini bergotong-royong mudah. Ikan bisa dijemur atau dioven terlebih dahulu. Setelah kering ikan kemudian dihaluskan dengan pemberian mesin penepung.


Tahap Pembuatan Pakan Apung


Langkah dalam menciptakan pakan ikan apung dimulai dengan memasukkan materi yang bersifat perekat terlebih dahulu. Yang bisa dimasukkan pertama kali contohnya tepung tapioka dengan pemakian sekitar 10% hingga 20% dari total adonan pakan total.


Bisa ditambahkan air secukupnya supaya bisa mengikat adonan lainnya. Sebagai alternatif bisa juga digunakan tepung gaplek dan tepung onggok. Lalu masukkan materi sumber protein utama menyerupai tepung ikan minimal 20% dari total adonan pakan total.


Tepung ikan bisa juga diganti dengan tepung kepala udang, tepung tulang maupun tepung jeroan. Lalu masukkan materi pemanis lainnya menyerupai dedak halus maksimal sebanyak 30% dari total adonan pakan total. Jika menggunakan bungkil kedelai bisa dengan konsentrasi maksimal 40%. Untuk pemanis lainnya menyerupai minyak ikan maksimal 10% dari total adonan pakan total.


Bisa juga ditambahkan 1% hingga 2% kalsium karbonat atau kapur dan juga sekitar 1% hingga 3% vitamin B komplek dan vitamin lainnya. Semua materi ini kemudian dimixer selama 10 menit hingga benar-benar rata. Dan kemudian adonan ini diolah dengan mesin ekstruder sistem kering. Secara otomatis pelet yang dihasilkan sudah dalam keadaan kering dan mempunyai sifat pakan apung.


Ketergantungan Pada Mesin Ekstruder


Untuk benar-benar menghasilkan pakan ikan yang bisa mengapung, homogenitas materi adonan dan peranan mesin ekstruder sangat besar. Untuk alasan ini jangan pernah mencampurkan materi yang tidak diolah dulu ke dalam bentuk tepung. Hal ini akan mengganggu proses pencampuran. Kalaupun dipaksakan biasanya akan sulit dihasilkan pori-pori udara dalam campuran.


Hasilnya ialah pakan kering yang tidak bisa mengapung, hingga ketika ini belum ada yang bisa menciptakan pakan apung tanpa pemberian mesin ekstruder. Dengan pemberian mesin ekstruder, menciptakan pakan lele sendiri yang bisa terapung relatif mudah. Pakan buatan ini akan menjadi alternatif murah bersama pakan organik yang ada dikolam.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Praktis Membuat Pakan Ikan Terapung Dengan Mesin Ekstruder dapat mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Terapung Dengan Mesin Ekstruder"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel