Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula

Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula



Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan – Dalam hal ini belatung identik dengan sampah dan lalat, akan tetapi ternyata kandungan protein tinggi dalam belatung bermanfaat sebagai pakan ikan. Bisnis belatung belakangan ini menjanjikan hasil yang cukup anggun seiring dengan mahalnya pelet pakan ikan.


Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula


Belatung sanggup dijadikan pakan alternatif yang murah dengan kualitas yang sama atau mendekati protein tinggi yang terkandung dalam pelet. Cara beternak dan pembuatan bibit belatung membutuhkan modal yang tidak banyak, relatif murah menyebabkan budidaya belatung sebagai bisnis yang patut dilirik dan dipertimbangkan.


Cara Ternak Belatung


Cara ternak belatung cukup mudah, hanya perlu menyiapkan kolam atau bejana besar yang biasa digunakan untuk mencuci baju, plastik hitam dan tali rafia. Lalu siapkan juga materi yakni bekatul, air dan daun pisang kering. Teknik beternak belatung menggunakan materi diatas ialah pertama melubangi dulu ember, kecil saja kira-kira 1-2 cm.


Buat lubang yang teratur, tidak terlalu rapat dan jangan juga terlalu jarang. Setelah dilubangi kolam dicuci hingga higienis atau disiram air panas supaya basil yang tidak akan diperlukan tidak muncul. Bekatul kemudian dimasukkan dalam ember, kemudian masukkan air tapi jangan diaduk “dicampur” biarkan mengendap.


Tutup dengan daun pisang kering diatasnya untuk media telur lalat. Lalu rapatkan kolam dengan plastik atau aluminium foil supaya fermentasinya cepat, lindungi juga dari hujan. Panen siap dalam dua minggu, cara beternak belatung tidak butuh waktu lama.


Cara Budidaya Belatung Dengan Ampas Tahu


Cara budidaya belatung sanggup juga menggunakan teknik budidaya belatung menggunakan ampas tahu dan ikan asin. Kalian hanya perlu mencampur ampas tahu dengan ikan asin, masukkan dalam wadah kemudian biarkan terbuka supaya didatangi lalat.


Wadah yang disiapkan sebaiknya agak tinggi supaya banyak panennya, karna belatung pada umumnya cuma ada di permukaan saja. Sesederhana itu dan dalam waktu 1-2 ahad sudah sanggup panen.


Cara Beternak Belatung Dengan Pelepah Daun Pisang


Belatung yang digunakan untuk pakan bibit lele atau jenis ikan lainnya dihasilkan dari proses fermentasi. Bahan yang digunakan banyak macamnya, salah satunya dengan pelepah pisang yang sudah busuk, dicacah hingga lembut, kemudian larutkan gula merah 1/4 kg dalam air bekas cucian beras 5 liter.


Pelepah tadi dimasukkan dalam air adonan diremas dan diperas. Lalu air disaring masukkan ke jarigen dalam waktu 3 hari harus dikontrol, buang busanya dalam waktu seminggu biasanya kalau tercium anyir menyerupai tape, maka proses fermentasi berhasil dan seminggu kemudian belatung siap dipanen.


Fermentasi


Cara lain dari pembuatan belatung sanggup menggunakan media kompos dan masih banyak lagi. Intinya ialah fermentasi, pemeliharaan ikan dalam jumlah yang besar tentunya juga membutuhkan pakan yang banyak. Untuk skala besar penting memproses jauh dari sebelumnya semoga setiap hari sanggup panen, maka produksi jugaharus dilakukan setiap hari.


Pada prinsipnya ialah fermentasi, alasannya yaitu kandungan C organik dan N organik akan mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Banyak media dan cara fermentasi silahkan pilih yang paling baik dan gampang untuk kalian, dengan materi yang gampang kalian dapatkan disekitar kalian.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel