Cara Budidaya dan Merawat Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat

Cara Menanam Jeruk Manis Agar Cepat Berbuah



Cara Budidaya Jeruk Manis – Buah jeruk sendiri mempunyai bermacam-macam jenis yang berbeda-beda, contohnya saja ibarat jenis jeruk lokal, jeruk sunkist, orange, jeruk manis dan lain-lain. Berbeda jenis buah jaruk, maka akan berbeda pula rasanya. Saat ini di Indonesia sudah tersedia bermacam-macam jenis jeruk, baik jenis lokal maupun jenis impor, yang bisa kita beli di sekitar kita.


Cara Menanam Jeruk Manis Agar Cepat Berbuah Cara Budidaya dan Merawat Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat


Selama ini mungkin jeruk impor dipandang lebih anggun dibandingkan jeruk lokal alasannya ialah memang selain tampilannya yang lebih menarik, jeruk impor kebanyakan juga mempunyai rasa yang lebih nikmat. Akan tetapi bukan berarti jeruk lokal tidak bisa bersaing dengan jeruk impor.


Bisnis Budidaya Jeruk Manis


Nah bagi kalian semua yang suka dengan acara bercocok tanam, membudidayakan tumbuhan jeruk ialah peluang bisnis yang layak untuk kalian perhitungkan. Budidaya jeruk manis maupun jeruk keprok ialah pilihan yang paling tepat, mengingat kedua jenis jaruk tersebut sangat digemari dan mempunyai harga jual yang lumayan.


Namun kalau boleh kami menyarankan rasanya budidaya jeruk manis lebih menarik dari pada budidaya jeruk keprok. Sebenarnya keduanya sama-sama menarik dan mempunyai prospek yang anggun akan tetapi ada beberapa pertimbangan yang menciptakan kami lebih menentukan jeruk manis.


Pertimbangan yang pertama yakni pohon jeruk manis lebih gampang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Kemudian pertumbuhan dari pohon jeruk manis juga lebih cepat. Selanjutnya pada masa panen produksi yang dihasilkan oleh pohon jeruk manis lebih tinggi bila dibandingkan dengan pohon jeruk keprok.


Itulah beberapa alasan yang mungkin juga menarik bagi kalian sekalian untuk dipertimbangkan. Lalu bagi kalian semua yang berniat untuk mencari isu mengenai cara budidaya jeruk manis, berikut ini tips bagaimana cara membudidayakan jeruk manis.


Pemilihan Lahan Untuk Budidaya Jeruk Manis


Untuk lokasi lahan pohon jeruk manis bisa tumbuh dengan baik kalau ditanam di atas lahan yang berada di dataran rendah hingga dengan dataran tinggi pada ketinggian kurang lebih 700 meter dari permukaan laut.


Lahan yang diharapkan yakni yang terbuka, alasannya ialah pohon jeruk manis sanggup berproduksi secara optimal dengan sinar matahari yang banyak. Sementara untuk kriteria jenis tanah yang ideal yakni jenis lapisan tanah dalam dengan tekstur tanah lempung berpasir.


Pembenihan Jeruk Manis


Benih atau bibit jeruk manis yang anggun yakni bibit yang didapatkan dari cara pembibitan yang produksinya didasarkan pada standar sertifikasi benih dan pengawasan yang tepat. Bibit jeruk manis kalian dapatkan di aneka macam daerah yang khusus menyediakan aneka macam macam benih tanaman.


Sebagai tips bagi kalian dalam menentukan benih yang bagus, hendaknya kalian menentukan benih jeruk manis yang mempunyai label bebas penyakit. Adapun ciri-ciri dari benih yang baik yakni mempunyai batang lurus berdiameter sekitar 1 cm, dengan tinggi kurang lebih 90 cm dari dasar kantung plastik polybag.


Penanaman Jeruk Manis


Setelah tanah diolah dengan melaksanakan proses pencucian terhadap tanaman-tanaman liar dan juga pemupukan pada bagian-bagian yang akan ditanami pohon jeruk, selanjutnya proses penanaman pun bisa dimulai. Untuk teknik menanam jeruk manis yakni dengan mengatur teladan baris yang arahnya ialah dari timur ke barat.


Cara tanam ini akan mempengaruhi sinar yang didapat oleh pohon jeruk biar lebih optimal. Cara menanam pohon jeruk yakni dengan menciptakan lubang tanam dan memasukan pohon atau benih jeruk kedalamnya, kemudian ditutup dengan tanah bercampur pupuk sangkar dan dolomite secukupnya.


Perawatan Dan Pemanenan Jeruk Manis


Setelah itu proses perawatan harus kita lakukan dengan maksimal biar pohon jeruk yang kita tanam bisa tumbuh dengan subur. Perawatan yang perlu dilakukan yakni diantaranya ialah mengairi secara rutin, kemudian mengatur jumlah cabang “dengan teladan 1 batang utama dengan tiga cabang utama yang masing-masing mempunyai 3 cabang lagi” dan juga penambahan unsur hara untuk tanah. Selanjutnya buah jeruk siap untuk dipanen pada usia sekitar delapan bulan semenjak masa berbunga. Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai buah.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara “Sukses” Budidaya Jeruk Manis Agar Cepat Berbuah Lebat sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya dan Merawat Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel