Kunyit Standar Pabrik Jamu

Inilah standar kunyit alias kunir segar yang diterima pabrik jamu Kunyit Standar Pabrik Jamu


Inilah standar kunyit alias kunir segar yang diterima pabrik jamu: rasa dan warna khas, bersih, beraroma, dan berkadar air 10-12%. Untuk simplisia, tebal sayatan kunyit antara 3-5 mm. Irisan dihentikan terlalu tipis alasannya yakni menjadikan senyawa aktif kunyit, yakni kurkumin menguap.


Standar pabrik untuk kurkumin rata-rata 2%. Keberadaan senyawa kurkuminoid penting alasannya yakni senyawa tersebut mempunyai kegunaan antara lain untuk antiinflamansi, antikolesterol, antihepatotoksik, dan antilipidperoksida.


Kunyit segar diperoleh dari budidaya selama 8-9 bulan. Tanda kunyit siap panen, pertumbuhan vegetatif berakhir dengan ciri daun layu. Yang lain, warna daun dan batang berkembang menjadi kuning dari hijau, seolah-olah tumbuhan mati. Di dikala itu kadar senyawa kurkumin cukup tinggi, mencapai 4%.


Berikutnya, selepas rimpang kunyit dipanen, bersihkan dengan cara merendam pada kolam basuh selama 2-3 jam sebelum dicuci higienis dan dilakukan penyortiran. Penyortiran dilakukan menurut ukuran rimpang, besar dan kecil. Rimpang cacat alasannya yakni terdapat bekas gerekan serangga dipisah. Rimpang higienis lantas diangin-anginkan selama setengah hari atau hingga terlihat kering.


Rimpang kering untuk seruan segar dikemas menggunakan karung atau plastik kedap sebelum dikirim. Untuk simplisia, rimpangdiiris menggunakan pisau berbahan baja antikarat. Posisi irisan melintang setebal 3-5 mm. Ketebalan tersebut cukup untuk mencegah kunyit retak dikala dikeringkan serta mengurangi senyawa kurkumin menguap.


Berikutnya, hasil rajangan tidak perlu dijemur, tapi dicelup ke dalam air mendidih selama 40-60 menit hingga lunak atau hingga air rebusan berbusa dan mengeluarkan bacin khas kunyit. Sebelum direbus, kulit ari rimpang dibuang terlebih dahulu sehingga rimpang yang semula kecokelatan berkembang menjadi jingga cerah.


Sesudah perebusan, irisan rimpang kunyit ditiriskan dengan cara dianginkan hingga kering di kawasan teduh. Selanjutnya rimpang sanggup dijemur beralaskan tikar atau karung. Selama penjemuran rimpang perlu dibolak-balik setiap 3 jam biar keringnya merata. Kalau cuaca mendung, perlu segera diangkat biar tidak terjadi kontaminasi. Untuk mencapai kadar air 10-12% diharapkan penjemuran selama 5-6 hari.


Inilah standar kunyit alias kunir segar yang diterima pabrik jamu Kunyit Standar Pabrik JamuBila tiba animo penghujan, rimpang dikeringkan menggunakan oven. Irisan rimpang disusun dalam rak kemudian dimasukan ke oven. Pengovenan dilakukan pada suhu 50-80 derajat Celcius selama 5-7 jam. Rimpang kering segera dikemas ke dalam karung untuk menghindari perembesan kembali uap air.


Rimpang selanjutnya disimpan dalam gudang berventilasi, tidak bocor, bersih, dan terbebas dari hama gudang. Untuk mencegah hama rayap, contohnya cukup mengoleskan oli bekas di lantai dan memperlihatkan ganjal kayu untuk menaruh karung. Dengan pengeringan yang baik, rimpang sanggup bertahan 2-3 bulan sebelum dijual ke pabrik jamu.


Belum ada Komentar untuk "Kunyit Standar Pabrik Jamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel