Asal-usul Roti

adik menyukai aneka roti dengan bermacam-macam rasa menyerupai rasa cokelat Asal-usul Roti


Siapa di antara adik-adik yang tidak suka roti? Sepertinya hampir tidak ada. Kakak Bebeja yakin adik-adik menyukai aneka roti dengan bermacam-macam rasa menyerupai rasa cokelat, stroberi, srikaya, dan lain sebagainya. Namun, apakah adik-adik mengetahui cara menciptakan roti?


Roti terbuat dari campuran tepung yang dicampur dengan air atau susu dan pengembang menyerupai ragi. Setelah diuleni dan dibiarkan beberapa lama, campuran itu dicetak dalam banyak sekali bentuk, kemudian dipanggang.


Adik-adik, semua jenis tepung menyerupai tepung terigu, gandum, jagung, beras, dan singkong dapat menjadi materi baku menciptakan roti. Meski demikian, tepung yang paling lazim dipakai yaitu tepung terigu dan gandum. Roti dari tepung terigu menghasilkan roti putih, sedangkan tepung gandum menghasilkan roti cokelat.


Bagaimana asal-usul roti? Konon roti pertama di dunia dibentuk secara tidak sengaja oleh seorang budak berdarah Mesir pada 2600 SM. Kisahnya, suatu malam si budak itu menciptakan masakan ringan bagus dari campuran tepung gandum dengan air untuk sarapan pagi. Namun alasannya api ditungku padam, campuran itu lantas dibiarkan tersimpan di ruang hangat semalaman. Keesokan harinya, saat campuran itu dipanggang, jadilah roti yang empuk dan gurih.


Adik-adik, jenis roti bermacam-macam. Di setiap daerah berbeda loh. Di Perancis ada baguette atau roti lonjong menyerupai tongkat. Ada lagi croissant, yang adik-adik dapat beli di gerai donut terkenal. Roti itu berbentuk bulan sabit yang adonannya dibentuk saling bertumpuk.


Warga di Jerman menggemari knaeckerot atau roti menyerupai lempengan. Berbeda lagi di negeri Kincir Angin, Belanda, yang menyukai witbrood alias roti tawar. Atau siapa tak suka hotdog? Makanan cepat saji dari Amerika Serikat itu juga menggunakan roti sebagai materi dasarnya.


Di tanahair, roti tawar paling banyak dijual. Harap mafhum, roti tawar dapat diisi selai yang adik-adik sukai. Supaya enak, roti tawar tersebut diolesi mentega. Roti juga dimanfaatkan sebagai budaya menyerupai dijumpai pada masyarakat Betawi. Mereka menggunakan roti untuk pesta perkawinan. Saat itu akan dikeluarkan roti berbentuk buaya. hiii….lucu ya…


Belum ada Komentar untuk "Asal-usul Roti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel