Mi Kenyal Dan Lezat

Hai, adik-adik! Kakak Bebeja mau bercerita wacana sesuatu yang kalian suka. Coba tebak apa itu? Siapa pernah makan mi bakso, mi ayam, mi goreng, atau mi rebus? Ya Kakak bebeja mau bercerita wacana mi yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Tahukah adik-adik bila mi berasal dari China?


Di negeri Tirai bambu tersebut semenjak 2000 tahun silam, mi sudah menjadi makanan pokok yang disajikan di rumah atau kedai makan. Biasanya mi tersebut dihidangkan sehabis nasi, sayuran, dan lauk-pauk.


Dari China, mi lantas menyebar ke aneka macam negara. Di Jepang ada mi ramen yang bentuknya panjang dan keriting. Ramen disajikan dengan kuah hangat, telur, daging, dan sayuran. Olahan lain yaitu mi udon atau mi gendut alasannya ukuran minya besar-besar, Asyik ya! Di Italia, mi berganti nama jadi spagetti.


Bagaimana di Indonesia? Ternyata banyak makanan berbahan mi menyerupai mi ayam, mi bakso, dan mi goreng. Adik-adik mi yang diolah secara benar kaya gizi. Mi merupakan sumber karbohidrat dan energi sehingga dapat jadi pengganti nasi. Setelah ditambahkan bumbu dan materi lain menyerupai sayuran dan bakso, kandungan gizi mi lebih lengkap.


Mi terbuat dari tepung gandum yang diuleni dengan air, lantas ditambah sedikit penyedap. Teksturnya kenyal dan lezat. Supaya dapat panjang dan pipih, mi diproses lagi. Kalau pengolahan secara modern, ulenan tepung gandum tersebut dibuat menjadi mi dengan mesin. Namun di China ada pembuatan mi secara manual loh. Caranya ulenan tepung gandum diulur dan ditarik dengan jari-jari kedua belah tangan semoga bentuknya panjang-panjang.


Selain tepung gandum, materi baku mi lainnya yaitu tepung jagung. Di Filipina mi dengan materi tersebut dipanggil pancit. Di Jepang ada harusame, mi yang dibuat dari adonan tepung ubi, tepung kentang, dan tepung beras. Atau shirataki-mi terbuat dari tepung iles-iles. Selain itu ada juga mi dari tepung rumput laut, belahan tahu, dan tepung beras. Adik-adik mi yang terbuat dari tepung beras disebut bihun.


Saat ini mi yang terkenal di tanahair yaitu mi yang dikemas menjadi mi instan semoga gampang disajikan. Mi direbus dengan air panas, kemudian masukkan bumbu siap pakai yang ada di kemasan. Dalam hitungan 5 menit, jadilah mi yang lezat. Siapakah pencipta mi instan tersebut? Dialah Mamofuko Ando dari Osaka, Jepang. Terimakasih ya Bapak Mamofuko.


Belum ada Komentar untuk "Mi Kenyal Dan Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel