Jeruk Nipis Bercitarasa Manis

 Lampung menyukai citarasa asam jeruk nipis Jeruk Nipis Bercitarasa ManisYuyun Hermani di Tanjungkarang, Lampung menyukai citarasa asam jeruk nipis. “Segar jikalau dibentuk infused water,” ujar wanita 43 tahun yang mempunyai 10 hektar kebun sawit itu. Namun boleh jadi rasa sukanya bakal meningkat begitu mengetahui terdapat jeruk nipis bercitarasa manis.


Jeruk nipis bercitarasa manis? Jawabnya ya. Itulah jeruk nipis hasil pemuliaan Balitjestro di Malang, Jawa Timur. Jeruk berjulukan nimas agrihorti itu berkadar gula 8,30 derajat briks dengan persentase kadar air dan asam, masing-masing 60% dan 0,45%.


Sosok jeruk nipis nimas agrihorti mirip jeruk nipis biasa, berdiameter 4-6 cm. Kulit buah kekuningan dan bertekstur licin dengan bobot 72-82 gram per buah. Jeruk berdaging buah keputihan itu sejatinya merupakan jeruk nipis introduksi dari India. Ia menjadi koleksi plasma nutfah Balitjestro dengan registrasi Pohon Induk Tunggal (PIT) Jr. Nimas Agrihorti/JTM/0.007/401/2014 dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH).


Seperti dikutip dari situs litbang pertanian, jeruk yang berbuah 2,5 tahun pascatanam bibit okulasi itu adaptif dibudidaya pada ketinggian antara 400-950 m dpl meter, serta menyukai tanah bertekstur pasir atau lempung liat. Tanaman yang menjalani uji multilokasi untuk mengevaluasi karakter morfologi dan agronomi tumbuhan pada 2013-2014 itu berproduksi tinggi di pot, mencapai 10 kg per tanaman.


Belum ada Komentar untuk "Jeruk Nipis Bercitarasa Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel