Peluang Usaha Berkebun Labu Butternut Squash

Ahmad Fahrizal mengirimkan sebuah pesan pendek kepada salah satu pelanggan di Bogor Peluang Usaha Berkebun Labu Butternut SquashAhmad Fahrizal mengirimkan sebuah pesan pendek kepada salah satu pelanggan di Bogor, Jawa Barat. Isi pesan itu ialah total biaya pembelian labu butternut squash beserta ongkos kirim. Total jenderal nilai pesanan itu sebesar Rp846.000.


Alumnus Jurusan Hama dan Penyakit IPB tersebut memang gres setahun menggeluti pemasaran labu butternut squah. “Yang minta perorangan maupun pasar swalayan,” ungkapnya kepada Bebeja.com.


Saat ini untuk memasok kebutuhan itu, Ahmad Fahrizal bermitra bersama 2 pekebun di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Total lahan budidaya labu butternut squash itu mencapai 2 hektar dengan populasi 4.000 tanaman/ha. “Kami menanam 2 varietas labu butternut, yakni anna dan jackquine,” katanya. Ahmad mengimpor benih itu dari Belanda seharga Rp2,5-juta (isi 1.000 butir). “Benih impor mempunyai kualitas buah lebih anggun dan rasa lebih manis,” ujarnya.


Ahmad Fahrizal mengirimkan sebuah pesan pendek kepada salah satu pelanggan di Bogor Peluang Usaha Berkebun Labu Butternut SquashLabu butternut squash memang tergolong gres dibudidaya di tanahair. Labu madu-sebutan lain-itu tengah merangkak menjadi favorit pekebun. Harap mafhum harga di pasar relatif tinggi mencapai Rp100.000-Rp130.000/kg. Di tingkat pekebun rata-rata Rp60.000-Rp70.000/kg. Itu pula yang mendorong Deni Syamsul Arifn di Cianjur menjadi pekebun labu butternut squash.


Data Forum Petani Butternut Squah Indonesia (FPBSI) menyebutkan terdapat sekitar 15 tempat di Indonesia menyerupai Cianjur (Jawa Barat), Pekanbaru (Riau), dan Bojonegoro (Jawa Timur), serta Lampung yang sudah mempunyai pekebun labu butternut squash. Jumlah itu akan bertambah seiring bertambahnya cakupan penanaman di banyak sekali tempat menyerupai Kampar (Kepulauan Riau), Palembang (Sumatera Selatan), serta Pidie (Nanggroe Aceh Darrusalam).


Sejauh ini labu butternut squash dikonsumsi eksklusif sehabis dikukus atau sebagai materi adonan menciptakan aneka camilan menyerupai bakpia dan camilan manis bolu atau camilan manis kering. Keistimewaan itu tak lepas dari seabrek keunggulan labu berbentuk lampu bohlam yang bercitarasa manis serta bertekstur lembut.


Ahmad Fahrizal mengirimkan sebuah pesan pendek kepada salah satu pelanggan di Bogor Peluang Usaha Berkebun Labu Butternut SquashBelum lagi khasiatnya untuk kesehatan karena mengandung serat tinggi, betakaroten, vitamin A dan vitamin B kompleks.”Saya biasanya mengukus dan menyantap dengan topping keju,” ujar Alitya Wiratman, ibu rumahtangga di Ciganjur, Jakarta Selatan.


Labu butternut squash juga diketahui sangat kondusif bagi penderita kencing manis serta bisa meningkatkan kadar zat besi di badan bagi penderita anemia. Pun menjadi sajian enak bagi beberapa orang yang tengah menjalani agenda diet. “Mengenyangkan tapi tidak menciptakan gemuk,” ujar Alitya yang rutin mengonsumsi saban 2 hari itu. Pantas kalau Ahmad Fahrizal tak kesulitan memasarkan labu butternut squash tersebut.


Belum ada Komentar untuk "Peluang Usaha Berkebun Labu Butternut Squash"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel