Budidaya Kiwi – 5 Langkah Mudah Budidaya Kiwi Dan Perawatannya

5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya


Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas perihal bagaimana cara membudidayakan buah kiwi. Untuk lebih jelasnya simak klarifikasi berikut ini.


Kiwi ialah buah dari tumbuhan merambat berkayu yang berasal dari genus Actinidia. Buah Kiwi mempunyai bentuk normal yaitu oval, kulitnya berwarna hijau-kecoklatan berbulu halus dengan daging buah hijau terang atau keemasan yang didalamnya terdapat biji-biji kecil berwarna hitam yang sanggup dimakan. Buah kiwi mempunyai rasa yang unik dan tekstur yang lembut. Pada awal mula kiwi berjulukan gosberi cina kemudian melonette.

Buah kiwi kaya akan serat, selain itu kiwi mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi pada kulit buahnya, kadar antioksidan pada kulit kiwi tersebut lebih tinggi tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan daging buahnya. Antioksidan pada kulit tersebut mempunyai manfaat, antara lain: anti kanker, anti peradangan, anti alergen, dan sanggup melawan bakteri Staphylococcus dan E-coli yang sanggup menciptakan insan keracunan makanan. Selain itu, buah kiwi sanggup menurunkan tekanan darah tinggi(hipertensi) sebab adanya ion potasium pada buah kiwi.

 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Ericales

Famili: Actinidiaceae

Genus: Actinidia

Spesies: A. deliciosa



Kandungan gizi Kiwi/100 gram :

Energi 255 kJ (61 kcal)

Karbohidrat 14.66 g

Gula 8.99 g

Serat pangan 3.0 g

Lemak 0.52 g

Protein 1.14 g

lutein dan zeaxanthin 122 μg

Tiamina (Vit. B1) 0.027 mg (2%)

Riboflavin (Vit. B2) 0.025 mg (2%)

Niasin (Vit. B3) 0.341 mg (2%)

Vitamin B6 0.63 mg (48%)

Folat (Vit. B9) 25 μg (6%)

Vitamin C 92.7 mg (155%)

Vitamin E 1.5 mg (10%)

Vitamin K 40.3 μg (38%)

Kalsium 34 mg (3%)

Besi 0.31 mg (2%)

Magnesium 17 mg (5%)

Fosfor 34 mg (5%)

Kalium 312 mg (7%)

Natrium 3 mg (0%)

Zink 0.14 mg (1%)

Manganese 0.098 mg



Di Indonesia buah kiwi masih jarang di budidaya oleh para petani oleh sebab itu pembudidayaan buah kiwi sanggup menjadi peluang bisnis. Berikut adalah panduan lengkap cara pembudidayaan buah kiwi:


1. Persiapan Lahan

Pada tahap ini kita mulai dengan membersihkan lahan dari gulma atau tumbuhan pengganggu. Setelah lahan higienis dari gulma maka selanjutnya kita harus menggemburkan tanah yang akan dijadikan lahan budidaya. Setelah tanah gembur maka berikutnya lapisi serpihan tanah lahan budidaya dengan pupuk kompos dan jikalau ingin mengatur tingkat keasaman tanah sanggup dengan cara mengapur tanah dengan dolomit atau pupuk kapu. Setelah hal pada tahapan diatas dilakukan hal terakhir yang dilakukan ialah menciptakan lubang untuk menanam bibit dengan jarak 2 x 2 meter. Tanah yang baik untuk menanam buah kiwi ialah tanah humus.

Tahapan-tahapan diatas menyerupai pengolahan, pemupukan, pengapuran,dan pembuatan lubang harus selesai 2 ahad sebelum tahap penanaman bibit kiwi dilakukan.


2. Penyemaian Bibit

 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya     Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya


Biji kiwi direndam terlebih dahulu dengan air hangat kemudian keringkan, kemudian benih dibungkus memakai tisu atau pun kapas semalaman. Hal ini sanggup membantu mempercepat proses pembenihan. Setelah biji dibungkus selama semalaman maka langkah-langkah penyemaian bibit buah kiwi adalah:



  •  Sebarkan biji tersebut ke tanah di lahan budidaya yang telah disiapkan dan jauhkan dari sinar matahari secara pribadi dengan di beri naungan.

  • Setelah kurang lebih 10 hari maka biji tersebut akan berkecambah dan akan tumbuh akar.

  • Setelah kecambah sudah mempunyai daun dan akar anda sanggup memperlihatkan naungan transparan semoga sinar matahari sanggup pribadi mengenai calon bibit buah kiwi. Atau juga calon bibit yang sudah mempunyai daun dan akar, bibit tersebut sanggup ditanam dalam pot hingga ukurannya cukup besar untuk ditanam di tanah lahan.


3. Penanaman Bibit

 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya   


Penanaman bibit buah kiwi sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Berikut ialah tahapan penanaman:



  • Bibit dalam pot yang sudah dirasa cukup besar dan sanggup tumbuh pribadi sanggup ditanam dalam lubang yang dibentuk sebelumnya pada tanah lahan budidaya.

  • Kemudian tutup tanah dengan tanah kompos merata, kemudian lakukan penyiraman secara rutin jangan hingga bibit tersebut tergenang air.


4. Pemeliharaan Tanaman

 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya   Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya   Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya


Pemeliharaan tumbuhan harus terus dilakukan dari mulai penanaman hingga panen selesai. Berikut ialah langkah-langkah pemeliharaan tumbuhan kiwi:



  • Siram tumbuhan secara teratur pada pagi dan sore hari

  • Lakukan pemupukan secara bersiklus sesuai kebutuhan

  • Lakukan penyuburan tanah secara teratur

  • Lakukan pencucian gulma

  • Lakukan pengendalian hama dengan melaksanakan penyemprotan fungisida atau pun yang lain.

  • Lakukan penggemburan tanah dengan menambahkan tanah kompos lagi pada tumbuhan buah kiwi.

  • Lakukan pemeliharaan bunga dan bantu penyerbukan memakai sikat lembut semoga pembuahnya lebih banyak.



5. Panen Buah

 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Cara Merawat Tanamannya Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya


Buah kiwi sanggup dipanen 3-4 bulan sesudah penanaman tergantung kondisi cuaca dan perkembangan tanaman. Proses panen sanggup dilakukan dengan memotong tangkai buah memakai gunting semoga tidak merusak tumbuhan buah.


Demikian artikel pembahasan tentang”Budidaya Kiwi – 5 Langkah Praktis Budidaya Kiwi Dan Perawatannya“, Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Budidaya Kiwi – 5 Langkah Mudah Budidaya Kiwi Dan Perawatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel