Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya

5 Tahap Cara Budidaya Tanaman Kangkung Darat Dengan Mudah


Hai Sahabat…… Kali ini kita akan membahas perihal salah satu jenis sayuran yaitu Kangkung. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Kangkung (Ipomoea aquatica) yaitu jenis sayuran dan ditanam sebagai materi makanan.Kangkung banyak terdapat di daerah Asia yang sanggup dijumpai di hampir di semua daerah terutama di daerah berair. Ada 2 jenis kangkung yaitu Kangkung darat (Ipomoea Reptans) dan kangkung air (Ipomoea Aquatica). Kangkung darat (Ipomoea Reptans) mempunyai warna hijau terang dengan ujung daun yang runcing. Warna bunga kangkung darat putih. Sedangkan kangkung air (Ipomoea Aquatica) mempunyai daun berwarna hijau agak gelap dengan ujung membulat atau lebih tumpul sehingga terlihat lebih lebar. Warna bunga kangkung air cenderung ungu. Selain perbedaan fisik, kebiasaan cara memanen dua jenis kangkung ini berbeda kangkung darat di panen dengan cara dicabut, sedangkan kangkung air dipanen dengan cara dipotong.

 Tahap Cara Budidaya Tanaman Kangkung Darat Dengan Praktis Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya



Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Solanales

Famili: Convolvulaceae

Genus: Ipomoea

Spesies: I. aquatica



Berikut ini yaitu tahapan budidaya kangkung



  1. Penyiapan benih untuk budidaya kangkung

     Tahap Cara Budidaya Tanaman Kangkung Darat Dengan Praktis Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya

    Untuk mendapat kangkung yang baik, tentunya harus pula menentukan benih yang baik. Terdapat beberapa benih unggul kangkung yang populer menyerupai varietas Sutera dan Bangkok. Namun yang banyak beredar ketika ini yaitu kangkung keluaran Bisi dan Panah Merah serta kangkung asal Jawa Timur menyerupai Sidoarjo. Benih kangkung darat yang baik yaitu benih yang daya tumbuhnya lebih dari 95 persen dan tumbuhnya tegak setidaknya sampai umur 8 minggu. Menanam kangkung usahakan jangan memakai benih yang telah disimpan lebih dari satu tahun. Karena produktivitasnya akan menurun.

  2. Pengolahan Lahan Tanam

     Tahap Cara Budidaya Tanaman Kangkung Darat Dengan Praktis Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya


    Tanah pada lahan tanam harus di gemburkan dengan cara di cangkul sesudah tanah gembur buatlah bedengan dengan lebar sekitar 1 meter dengan panjang sesuai dengan panjang petak lahan tanam dan antara bedengan satu dengan yang lain beri jarak sekitar 30 sampai 40 cm biar sanggup dipakai sebagai jalan sekaligus kanal drainase.

    Untuk budidaya kangkung organik sebaiknya memakai pupuk organik menyerupai pupuk kompos atau puuk kandang. Untuk 1 hektar lahan tanam membutuhkan setidaknya 10 ton pupuk.

  3. Penanaman

     Tahap Cara Budidaya Tanaman Kangkung Darat Dengan Praktis Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya

    Penanaman kangkung sanggup dilakukan dengan cara di tebar pribadi atau pun ditugal. Cara ditebar memanglah sangat boros sebab sanggup menghabiskan sekitar 5 sampai 10 kilogram bibit per hektarnya.

    Cara ditugal yaitu menanam dengan cara mengatur jarak tanam, jarak antar lubang tugal sekitar 10×5 cm dengan setiap lubang diisi sekitar 2 sampai 3 biji benih.

  4. Pemeliharaan Tanaman

     Tahap Cara Budidaya Tanaman Kangkung Darat Dengan Praktis Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya

    Kangkung tidak memerlukan pemupukan yang intensif dan sesungguhnya pemupukan pada awal itu sudah cukup memenuhi nutrisi yang diperlukan. Tapi apabila tumbuhan terlihat kurang subur berarti diharapkan pemupukan tambahan.

    Selain pemupukan hal selanjutnya yang dilakukan dalam pemeliharaannya yaitu penyiraman. Pada animo kemarau penyiraman harus dilakukan secara rutin yaitu setiap pagi dan sore sebab kangkung darat memerlukan air yang banyak untuk tumbuh. Tapi apabila pada curah hujan yang tinggi, daun kangkung akan jelek.

    Hal selanjutnya selain pemupukan dan penyiraman yang perlu dilakukan yaitu penyiangan. Hama yang biasa menyerang kangkung yaitu belalang, ulat grayak (Spodotera Litura) dan kutu daun dari (jenis Myzus Persicae dan Aphyds Gossypii) dan penyakit yang biasa menyerang kangkung yaitu penyakit karat putih (Albigo Ipomoeae Panduratae). Hama dam penyakit serta gulma harus ditangani secara terpadu.

  5.  Panen

    Kangkung sanggup dipanen bila sudah berumur sekitar 30-45 hari sesudah penebaran bibit. Cara pemanenan sanggup dilakukan dengan dipotong dan di cabut.


Demikian artikel pembahasan tentang” Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kangkung Dengan Mudah, Ini Tahapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel