Nangka Legit Dari Bogor

 Jakarta Selatan tak menduga bakal menjumpai anjungan penyedia nangka dari Bogor pada Frui Nangka Legit Dari BogorAdira Ning dari Pondok Indah, Jakarta Selatan tak menduga bakal menjumpai anjungan penyedia nangka dari Bogor pada Fruit & Veggie Festival 2016 di Teras Berlian, Blok M Square, Jakarta. Selama ini wanita 29 tahun itu perlu berpelesir ke Bogor untuk menyambangi penjual nangka di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded.


Nangka dari Bogor memang sohor karena bagus legit dan bertekstur daging kering. Pun aroma khas plus warna kuning mengkilap nan menggoda. “Nangkanya enak, bikin ketagihan,” ujar Adira yang memborong 3 kg nangka kupas dikala ekspo tersebut. Pada ekspo itu, nangka asal Kota Hujan tersebut dilabeli nangka susu, nangka salak, dan nangka madu. Nangka-nangka itu berasal dari beberapa wilayah menyerupai Darmaga, Rancamaya, dan Parung.


Menurut Ahmad, pedagang nangka, daging buah Artocarpus heterophyllus dari Bogor selain populer legit dimakan segar, juga cocok untuk adonan aneka penganan menyerupai salad buah, kolak buah, sampai es buah. “Banyak kue-kue juga menggunakan adonan nangka dari Bogor,” ujarnya.


Riset keragaman genetik nangka oleh Sulasih dan rekan dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika, Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2015 mengungkap jikalau di Bogor, nangka yang berasal India itu dijumpai sekitar 30 kultivar. Mereka antara lain nangka leuwisadeng, sindangsari 1 dan 2, cimangu, cikabayan, darmaga, kapuk, bola 1 dan 2, merah putih, kunir, dan kandel. Seluruhnya mempunyai ciri morfologi beraneka menyerupai warna serat putih, kuning sampai cokelat muda, bentuknya bundar sampai lonjong serta permukaan kulit berduri dan rata.


Penelitian itu juga memberi rekomendasi biar nangka bola dan nangka telanjang menjadi sumber plasma nutfah yang perlu dilindungi. Pun mendorong pengembangan nangka sindangsari 2 sebagai varietas unggul gres menyerupai nangka kunir yang terlebih dahulu menjadi jenis unggul yang layak dikebunkan.


Belum ada Komentar untuk "Nangka Legit Dari Bogor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel