Panduan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Jeruk Bali Yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Mulai Dari Menanam, Merawat Hingga Panen Tanaman Jeruk Bali 


Hai Sahabat….Setelah membahas wacana Jeruk Bali, kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya Jeruk Bali Atau Pomelo. Untuk lebih jelasnya simak pembahan berikut ini.


Jeruk Bali atau juga Jeruk besar atau Pomelo (Citrus grandis/Citrus Maxima) ialah tumbuhan buah orisinil Asia Tenggara. Jeruk ini melupakan jenis jeruk yang mempunyai ukuran yang paling besar diantara jeruk yang lainnya. Kulit buah pada buah jeruk bali ini mempunyai warna hijau pucat kekuningan dikala sudah masak atau matang dengan daging buahnya tebal dan ada yang berwarna putih, merah muda atau merah.


 Merawat Hingga Panen Tanaman Jeruk Bali  Panduan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Jeruk Bali Yang Baik dan Benar


Klasifikasi ilmiah Jeruk Bali/Pomelo

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Sapindales

Famili: Rutaceae

Genus: Citrus

Spesies: C. grandis/ C.maxima


Berikut ialah cara budidaya mulai dari menanam sampai merawat Jeruk Bali:


 Merawat Hingga Panen Tanaman Jeruk Bali  Panduan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Jeruk Bali Yang Baik dan Benar

1. Lahan Tanam

Pemilihan Lahan tanam yang baik untuk menanam buah jeruk bali perlu dilakukan kerena jeruk bali paling cocok ditanam pada lahan yang mempunyai tanah subur serta mendapat cahaya matahari yang cukup. Bisa juga apabila tidak mempunyai lahan maka sanggup memakai pot. Jika pada tanah buatlah lubang tanam pada lahan dengan ukuran minimal 50cm x 50cm x 50 cm.

2. Pemilihan Bibit

 Merawat Hingga Panen Tanaman Jeruk Bali  Panduan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Jeruk Bali Yang Baik dan Benar


Cara mendapat bibit jeruk bali sanggup dilakukan dengan cara cangkok. Bibit cangkok yang baik untuk ditanam ialah yang berasal dari indukan yang sehat dan baik serta pernah berbuah sebelumnya. jikalau malas mencangkok belilah bibit di toko tumbuhan buah yang sudah berbunga atau pun yang sudah berbuah.

3. Penanaman Bibit Buah Jeruk Bali

Setelah disiapkan lubang dan bibit, tanah hasil galian dicampur dengan pupuk sangkar kemudian hasil pencampuran pupuk dengan tanah diletakan di potongan bawah kira-kira 30 cm kemudian letakan bibit, sehabis itu timbun memakai sisa tanah yang telah di campur pupuk itu. Jangan lupa beri kayu penopang biar tidak roboh jikalau terkena angin atau yang lainnya.

4. Perawatan Tanaman Jeruk Bali

Penyiraman dilakukan sekali dalam sehari sehabis penanaman dan apabila sudah tumbuh dengan baik tidak dibutuhkan lagi penyiraman sebab tumbuhan buah ini tahan terhadap kekeringan. Pada isu terkini kemarau lakukan penyiraman untuk mengurangi penguapan setidaknya seminggu sekali. Lakukan pula pemupukan memakai pupuk sangkar biar daun tumbuh subur. Pengendalian hama dan penyakit juga perlu dilakukan biar tumbuhan sanggup menghasilkan buah yang maksimal.

5. Pemanenan Buah


Panen secara besar akan sanggup dilakukan pada 3 tahun sehabis penanaman.


 Merawat Hingga Panen Tanaman Jeruk Bali  Panduan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Jeruk Bali Yang Baik dan Benar


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Jeruk Bali Yang Baik dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Jeruk Bali Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel