Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar

Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar


Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas perihal Cara Memelihara serta Merawat Hamster. Nah untuk para pecinta hamster berikut yakni klarifikasi lengkapnya.


Hamster yakni jenis dari binatang pengerat dari sub familia cricetinae. Hamster mempunyai ukuran yang mini, tubuh gemuk, mempunyai ekor yang pendek,memiliki bermacam warna rambut tergantung pada spesiesnya ada yang coklat, abu-abu, hitam, putih, merah serta kuning. Hamster hidup di bukit dikaki gunung, perbatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi serta dataran rendah yang bersemak dan berbatu, sungai dilembah, padang rumput atau juga diladang tanam.

Hamster yakni binatang pemakan segala(omnivora), mereka memakan mulai dari padi, buah-buahan, akar, invertebrata, tanaman hijau, dan beberapa serangga kecil. Mereka membawa makanan mereka di pipi yang didalamnya terdapat kantung.

Hamster yakni binatang noktunal walaupun juga dikatakan binatang krepustular, mereka aktif dari pagi hingga petang. Hamster yakni binatang penggali yang baik. Hamster melaksanakan pembuahan pada usia yang berbeda tergantung spesies. Ada yang di usia 1 bulan hingga 3 bulan. Hamster betina tidak sanggup dibuahi setiap hari alasannya yakni betina mengalami estrus kira-kira 3 hari sedangkan jantan sanggup melaksanakan pembuahan setiap hari. Hamster sanggup hidup lebih dari 3 tahun tergantung spesiesnya.


Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar


Klasifikasi ilmiah Hamster

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mamalia

Ordo: Rodentia

Famili: Cricetidae

Upafamili: Cricetinae

Genus: Mesocricetus, Phodopus, Cricetus, Cricetulus, Allocricetulus, Cansumys, Tscherskia


Karena mempunyai ukuran yang mini dan gampang dibawa kemana-mana maka banyak orang yang suka memelihara hamster untuk binatang peliharaan.

Bagi anda yang ingin memelihara hamster sebelumnya anda harus mengetahui jenis hamster yang akan anda pelihara dahulu sehingga anda tidak salah dalam melaksanakan perawatan terhadap hamster tersebut, anda sanggup menanyakan pada toko daerah anda membeli.

Nah berikut yakni cara memelihara serta merawat hamster yang baik dan benar bagi para pecinta hamster:



  • Kandang

    Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar


    Kandang yakni hal yang sangat penting dalam pemeliharaan hamster alasannya yakni sangkar yakni daerah untuk tinggal si hamster. Hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan sangkar hamster yakni ukuran, bantalan sangkar dan kebersihan kandang. Alas sangkar sanggup berupa serbuk kayu atau sekam padi biar air seni dan kotoran tidak mempunyai wangi terlalu tajam.Karena hamster suka berlarian jadi berikan ukuran sangkar yang sesuai dengan hamster yang akan dipelihara lebih baik berikan ruang yang luas. Kebersihan sangkar perlu diperhatikan, lakukan pencucian sangkar secara rutin setidaknya lakukan seminggu sekali, ganti bantalan sangkar dengan yang baru.

  • Makanan dan Minuman Hamster

    Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar


    Hamster yakni binatang omnivora tapi hamster lebih suka makan biji-bijian yang mempunyai gizi seimbang dan tidak mengandung lemak dan protein yang tidak banyak, contohnya : Kacang merah, kacang hijau, beras merah, padi atau jagung dengan makanan selingannya sanggup berupa buah atau sayur menyerupai apel,kol dan lainnya. Biji bunga matahari dan kacang tanah sanggup menjadi makanan selingan untuk diberikan pada hamster. Pemberian makanan dan minuman diberikan pada daerah khusus jangan di letakan sembarangan atau disenbar alasannya yakni bila tidak dimakan oleh hamster dan tidak segera di bersihkan maka makana akan basi dan sanggup menjadikan penyakit pada hamster.

  • Mainan Hamster

    Karena hamster suka bermain mak berikan mainan menyerupai rantai atau tali untuk memanjat, hamsterball, dan lain-lain.

  • Pemeliharaan Hamster

    Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar


    Cahaya matahari sangat baik bagi hamster tapi alasannya yakni hamster yakni binatang nokturnal jadi tidak cocok bila terlalu terkena cahaya matahari. Jika ingin menjemur hamster sebaiknya hanya hingga sekitar jam 9 alasannya yakni matahari belum terlalu terik.

    Memandikan hamster sebaiknya memakai wadah yang sudah ada air setinggi kaki hamster untuk berendam hamster jangan mengguyurnya secara langsung. sehabis itu keringkan memakai handuk atau yang lain kemudian sisir bulu hamster memakai sikat halus biar bulu rapi. Selain hal tersebut lakukan juga pemijatan halus pada hamster biar hamster menjadi jinak,  selain menjadi jinak pemijatan juga sanggup menciptakan peredaran darah si hamster lancar.


Demikian pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Memelihara Serta Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel