Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan

Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila (Manilkara zapota) Bagi Kesehatan


Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas perihal Salah satu varietas sawo yaitu Sawo Manila. Untuk lebih jelsanya simak pembahasan berikut.


Sawo Manila (Manilkara zapota) yaitu jenis pohon buah yang berasal dari famili Sapotaceae yang mempunyai umur panjang. Sawo mempunyai banyak nama di Indonesia disebut dengan sawo, di Malaysia disebut ciku dan lain sebagainya.

Pohon buah sawo mempunyai pohon yang besar dan berdaun rindang, pohon buah ini sanggup mencapai tinggi sekitar 30 meter hingga 40 meter dengan cabang rendah. Pohon ini mempunyai kandungan lateks atau cairan getah putih susu uang kental pada seluruh bab badan pohon. Buah Sawo menyerupai buah buni dengan tangkai pendek berbentuk bulat, bundar telur atau jorong. Buah sawo mempunyai kulit tipis berwarna coklat kemerahan hingga kekuningan dengan sisik-sisik bernafsu berwarna coklat dengan dibagian ujung biasanya ada tangkai putik yang mengering. Daging buah sawo lembut memasir berwarna coklat kemerahan hingga kekuningan, mempunyai rasa yang bagus dan mengandung banyak air dengan bab dalam terdapat biji lonjong serta pipih berwarna hitam atau pun kecoklatan mengkilap. Daun pohon buah ini tunggal dengan letak berseling atau mengumpul di ujung ranting, warna daunnya hijau bau tanah mengkilat berbentuk bundar telur jorong hingga agak lanset.


 Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila  Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan


Klasifikasi ilmiah Buah Sawo Manila

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Ericales

Famili: Sapotaceae

Genus: Manilkara

Spesies: M. zapota


Tanaman buah ini diperkirakan berasal dari Amerika tropis menyerupai Guatemala, Meksiko, dan Hindia Barat dan di Jawa, tumbuhan ini sanggup didapati di dataran rendah. Para penjajah bangsa Spanyol membawanya dari Meksiko ke Filipina, dan kemungkinan dari sana menyebar ke Asia Tenggara. Pohon buah sawo manila banyak ditanam di tempat dataran rendah. pohon ini tahan terhadap kekeringan, tiupan angin yang kencang dan salinitas yang agak tinggi. tanah yang baik untuk menanam tumbuhan buah ini yaitu tanah lempung berpasir.


 Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila  Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sawo manila Bagi Kesehatan


  • Dapat sebagai sumber serat yang sangat baik bagi badan sehingga sanggup membatu mengatasi sembelit.

  • Kandungan serat pada sawo manila yang baik sangat mempunyai kegunaan untuk mencegah badan dari aneka macam penyakit kanker.

  • Karena mengandung mineral dan vitamin A dan C yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Dapat berfungsi sebagai sumber makanan peningkat energi alami alasannya yaitu banyak mengandung fruktosa dan sukrosa.

  • Dapat mengatasi gangguan pada usus dan gastritis.

  • Dapat menunjukkan asupan cairan dalam badan sehingga sanggup terhindar dari dehidrasi.

  • Karena mengandung senyawa fenolik buah sawo manila sanggup berfungsi sebagai anti virus dan bakteri.



Demikian artikel pembahasan tentang”Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Sawo Manila – Penjelasan, Klasifikasi Ilmiah Serta Manfaat Sawo Manila Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel