Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula

Penjelasan Tentang Lobster, Klasifikasi, Kandungan Gizi Dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula


Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas perihal cara membudidayakan lobster jenis air tawar. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.


Lobster ialah binatang bercapit dari filum arthropoda yang masuk dalan upfilum crustaceae. Lobster ada yang hidup di air maritim dan ada yang hidup di air tawar.



 Kandungan Gizi Dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Arthropoda

Upafilum: Crustacea

Kelas: Malacostraca

Ordo: Decapoda

Upaordo: Pleocyemata

Infraordo: Astacidea

Famili: Nephropidae



Lobster mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Berikut ialah kandungan gizi dari lobster:

Nilai nutrisi Lobster/100 gram

Energi 372 kJ (89 kcal)

Karbohidrat 0 g

– Gula 0 g

– Serat pangan 0 g

Lemak 0.86 g

– tak jenuh 0.208 g

– tak jenuh tunggal 0.253 g

– tak jenuh beragam 0.340 g

Protein 19.0 g

Tiamina (Vit. B1) 0.023 mg (2%)

Riboflavin (Vit. B2) 0.017 mg (1%)

Niasin (Vit. B3) 1.830 mg (12%)

Asam Pantotenat (B5) 1.667 mg (33%)

Vitamin B6 0.119 mg (9%)

Folat (Vit. B9) 11 μg (3%)

Vitamin C 0 mg (0%)

Kalsium 96 mg (10%)

Besi 0.29 mg (2%)

Magnesium 43 mg (12%)

Fosfor 185 mg (26%)

Kalium 230 mg (5%)

Zink 4.05 mg (41%)



Kali ini kita akan membahas seputar cara budidaya lobster air tawar. Budidaya lobster air tawar tidak begitu sulit, Berikut ialah cara membudidayakan lobster air tawar:


 Kandungan Gizi Dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula



  • Tempat Budidaya

    Hal yang pertama yang harus dilakukan dikala akan membudidayakan lobster air tawar ialah daerah untuk membudidayakannya, daerah budidaya dapat dengan bak semen, bak tanah, akuarium dan dapat juga menciptakan bak dari terpal. Setelah daerah budidaya siap maka yang harus dilakukan ialah mengisi bak budidaya dengan air. Beri bak dengan paralon atau yang lain untuk daerah persembunyian lobster dari serangan lobster yang lebih besar lengan berkuasa dan juga sebagai daerah untuk lobster yang mengalami pergantian kulit. Lakukan pengisian air bak dan peletakan paralon seminggu sebelum bibit lobster di masukkan.


 Kandungan Gizi Dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula



  • Cara Membedakan Lobster Jantan dan Betina

    Lobster jantan dan betina mempunyai fisik yang hampir sama, ukurannya pun sama hanya yang membedakan ialah warna capit yang dimiliki, capit pada jantan lebih berwarna merah menyala lebih banyak/luas sedangkan pada betina capitnya berwarna hitam dengan sedikit warna merah.

  • Cara Perawatan

    Perawatan Lobster air tawar tidaklah sulit hanya di butuhkan kesabaran. Berikut ialah perawatan yang perlu di berikan pada lobster air tawar:

    *Pakan

    Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari secara teratur yaitu pada pagi dan sore hari. Pakn lobster antara lain: pellet, planton dan tanaman air, dapat juga ketela pohon dan jagung elok yang di parut, atau juga sayuran sebagai komplemen nutrisi.

    *Filter air

    Pembersihan filter air juga perlu dilakukan apabila filter air sudah kotor.

    *Air

    jika air bak sudah kotor atau keruh lakukan pergantian air, namun sisakan air sekitar seperempat dari air semula semoga tidak terjadi perbedaan suasana yang drastis dan apabila terjadi perbedaan suasana yang drastis maka lobster akan berganti kulit.

  • Cara Mengembang Biakan Lobster Air Tawar

    Pengembang biakan air tawar dapat dilakukan secara alami dan dapat pula dengan perkawinan silang (cara riset). Berikut adallah alat yang harus di siapkan dalam pengembang biakan lobster air tawar:

    *Bibit Lobster

    *Aquarium

    *Pompa filter dan Aerator

  • Cara Penetasan

    Betina yang sedang bertelur akan menekuk ekornya, telur akan selaku melekat pada induk betina. Pengeraman tersebut dilakukan selama kurang lebih 5 minggu. Selama pengeraman jantan akan terus mendampingi betina. Saat sedang mengeram anakan sebaiknya indukan jangan hingga disentuh atau dikagetkan semoga telur tidak terlepas dari tubuh induk betina dan apabila ingin memindahkan sebaiknya tunggu dikala indukan betina berada dalan paralon atau yang lain tetapi harus perlahan. Setelah 3 hingga 4 ahad pindahkan jantan dari betina kemudian pada ahad ke 4 hingga ke 5 maka akan terlihat anakan lobster yang telah menetas kalau sudah menetas ibarat itu jangan eksklusif dipisah dengan indukannyap tapi tunggu dulu sekitar 3 hari gres pisahkan.

     Kandungan Gizi Dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula Kandungan Gizi Dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula

  • Pembesaran anakan

    Proses pembesaran dapat dilakukan di dalam bak besar atau juga aquarium dan usahakan perawatan dilakukan dilakukan secara maksimal semoga lobster yang dihasilkan dalam panen maksimal pula.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Lobster Air Tawar Yang Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel