Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah

Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah


Hai Sahabat….Setelah membahas ihwal manfaat dari tumbuhan mahkota dewa, kali ini kita akan membahas ihwal Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) ialah salah satu jenis tumbuhan obat di Indonesia. Tanaman mahkota tuhan ini berasal dari Irian Jaya atau Papua. Tanaman mahkota tuhan ini sanggup tumbuh dengan ketinggian sekitar 3 meter dan ukuran batangnya tidak terlalu besar, tumbuhan ini biasa ditanam untuk tumbuhan peneduh. Buah pada tumbuhan ini berwarna merah menyala yang tumbuh pada pecahan batang sampai ranting tumbuhan tersebut, buah inilah yang biasanya dipakai untuk obat. Tidak hanya pada pecahan buah saja yang bermanfaat daunnya pun bermanfaat sebagai obat.


Pada tumbuhan mahkota tuhan terdapat beberapa zat aktif menyerupai Alkaloid, Saponin, Flavonoid,dan Polifenol dengan manfaat Dapat menetralisir racun di dalam badan sebab bersifat detoksifikasi, Sumber anti basil dan anti virus, Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Dapat meningkatkan vitalitas, Dapat mengurangi kadar gula dalam darah, Dapat mengurangi penggumpalan darah, Dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, Dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, Dapat mengurangi kandungan kolesterol dalam tubuh, Dapat mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, Dapat mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner, Dapat sebagai anti inflamasi (anti radang), Dapat sebagai anti oksidan, Dapat membantu mengurangi rasa sakit bila terjadi pendarahan atau pembengkakan, serta Dapat sebagai anti histamin (anti alergi).


Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah


Karena aneka macam manfaat tersebut banyak orang membudidayakan mahkota tuhan tersebut. Berikut ialah Cara budidaya Tanaman Mahkota Dewa:


Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah



  • Syarat Tumbuh


Mahkota tuhan merupakan tumbuhan perdu yang sanggup badan dengan baik pada tanah yang subur baik itu di tempat dataran rendah maupun dataran tinggi yaitu pada ketinggian antara 10 m sampai 1200 m diatas permukaan laut.



  • Lahan Tanam


Lahan yang akan dipakai untuk menanam tumbuhan mahkota tuhan terlebih dahulu di gemburkan dengan cara dicangkul atau dengan cara lain. Kemudian diberi pupuk sangkar dengan takaran sekitar 20ton/hektar, Setelah itu buatlah lubang dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm, kemudian pada pecahan dasar lubang tanam diberi tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Diamkan lubang tanam sekitar 1 ahad biar lubang tanama sanggup mendapat cukup sinar matahari.



  • Pembibitan


Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah


Pembibitan tumbuhan mahkota tuhan sanggup dilakukan dengan cara generatif atau memakai biji dan dengan cara vegetatif atau dicangkok. Dengan cara pencangkokan memang tumbuhan mahkota tuhan akan cepat berbuah, tapi sebaiknya pembibitan dilakukan dengan memakai biji atau cara generatif.

Bibit yang akan ditanam sebaiknya disemai terlebih dahulu pada media semai sampai bibit muncul tunas. Tunas sanggup dipindahkan pada media tanam baik itu tanah maupun pot pada sekitar umur 2 bulan atau setelah bibit mempunyai ketinggian sekitar 10 sampai 15 cm.



  • Penanaman


Setelah Lubang tanam dan bibit sudah siap selanjutnya tanam bibit tumbuhan mahkota tuhan pada lubang tanam. Jika menanam memakai media pot hal yang dilakukan ialah mencampur tanah, pupuk baik itu pupuk sangkar atau pupuk kompos, serta pasir atau sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1, kemudian masukan kedalam pot, siram media tersebut memakai air sampai basah. Biarkan selama 1 sampai 2 jam barulah buat lubang tanam untuk menanam bibit tumbuhan mahkota tuhan tersebut.



  • Perawatan Dan Pemeliharaan Tanaman



  1. Penyiraman

    Penyiraman dilakukan ketika tumbuhan gres ditanam atau setelah ditanam sampai berumur 6 bulan. Pada ketika sudah berumur 6 bulan penyiraman sudah tidak diharapkan lagi sebab akan pada tumbuhan mahkota tuhan tersebut sudah dalam.

  2. Pemupukan

    pemupukan juga perlu dilakukan, pemupukan dianjurkan memakai pupuk organik menyerupai pupuk sangkar atau pupuk kompos, sebab bila memakai pupuk non organik ditakutkan sanggup mengurangi khasiat dari tumbuhan mahkota tuhan tersebut sebagai tumbuhan obat.

  3. Penyiangan

    Karena tumbuhan mahkota tuhan termasuk dalam tumbuhan tanaman tahunan, sepanjang tahun penyiangan dilakukan secara terencana yaitu setidaknya 3 sampai 4 kali.

  4. Hama Tanaman

    Hama yang sering menyerang tumbuhan mahkota tuhan ialah ulat buah, belalang dan kutu putih. Hama tersebut sanggup diberantasmenggunakan pestisida alami sesuai dengan dosis.



  • Pemanenan


Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah


Pemanenan buah mahkota tuhan sanggup dilakukan pada ketika tumbuhan sudah berumur sekitar 2 bulan. Buah mahkota tuhan yang siap panen umumnya berwarna merah terang atau maroon serta mempunyai wangi manis.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tanaman Mahkota Dewa Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel