Cara Menanam dan Budidaya Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar


Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas ihwal Cara budidaya Pakcoy. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.


Pakcoy atau Pak Choi (Brassica Chinensis) yaitu salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi manis.


Kali ini kita akan membahas ihwal Cara budidaya Pakcoy Cara Menanam dan Budidaya Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar

Pakcoy mempunyai banyak kandungan gizi dan mempunyai nilai hemat yang tinggi, oleh lantaran itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy. Berikut yakni cara budidaya Pakcoy:


Kali ini kita akan membahas ihwal Cara budidaya Pakcoy Cara Menanam dan Budidaya Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar



  • Syarat Tumbuh


Pakcoy sanggup tumbuh pada kawasan tropis dan subtropis baik itu dataran rendah maupun tinggi asalkan tanah untuk menanam sayuran tersebut kaya akan unsur hara dan tersinari oleh sinar matahari dan terdapat air yang cukup. Tanah untuk menanam setidaknya mempunyai pH sekitar 5,5 hingga 6.



  • Lahan Tanam


Tanah pada lahan untuk menanam pakcoy sebaiknya digemburkan dahulu, kemudian buatlah bedengan dengan lebar bedengan berkisar 2 meter dengan panjang menyesuaikan panjang lahan. Ratakan bedengan kemudian beri pupuk kompos dengan takaran per hektarnya antara 7-10 ton.Lalu padatkan tanah dan pupuk kompos dengan menyirami memakai air. Jangan lupa beri jarak antar bedeng sekitar 50 cm untuk kanal air.



  • Pembibitan


Pembibitan sanggup dilakukan dengan persemaian pribadi pada bedengan tapi dipisah dengan bedengan utamanya hingga bibit berdaun. Bisa juga di lakukan persemaian bibit pada polybag. Caranya taburkan bebih bibit pada polybag ataupun bedengan yang telah ada kemudian tutup dengan tanah lagi sekitar 2 cm,Sirami bibit benih dengan cara di semprot. Tanaman bibit benih akan tumbuh daun sekitar 3-5 helai daun pada hari ke 3 atau 4 sehabis persemaian, sehabis itu benih sanggup di pindahkan pada bedengan utama.



  • Penanaman Bibit


Setelah bedengan dan bibit sudah siap, maka buatlah lubang tanam pada bedengan dengan ukuran 4 cm x 6 cm atau 8 cm x 10 cm. Setelah lubang siap pindahkan bibit dari media tanam yang lain pada bedengan utama.



  • Perawatan Tanaman


Perawatan yang perlu dilakukan ketika membudidayakan pakcoy, antara lain: pemupukan,penyiangan, penjarangan,dan penyiraman.



  1. Pemupukan

    pemupukan dilakukan sanggup dilakukan memakai pupuk NPK ataupun Urea, jikalau memakai NPK setiap hektar diberi dengan takaran sekitar 300 kilogram ssedangkan jikalau memakai Urea takaran yang diberikan untuk per hektarnya yakni 50 kilogram.

  2. Penyiangan

    Selama masa tanam penyiangan sanggup dilakukan setidaknya 2 hingga 4 kali.

  3. Penjarangan

    Penjarangan tumbuhan juga perlu dilakukan yaitu pada ketika tumbuhan telah memasuki 2 ahad sehabis penanaman.

  4. Penyiraman

    Penyiraman harus dilakukan dengan rutin apalagi pada ketika isu terkini kemarau.



  • Hama Dan Penyakit


Hama Dan Penyakit yang sering menyerang tumbuhan pakcoy antara lain siput,tritip,cacing bulu, ulat, jamur, serta bakteri. Semua itu sanggup diatasi denagn gampang apabila diberikan penanganan yang baik dan benar.



  • Pemanenan


Pakcoy sanggup dipanen ketika sudah mencapai umur 28 hingga 30 hari sehabis penanaman tergantung cuaca,bibit serta perawatannya.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Budidaya Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Budidaya Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel