Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Dan Tips Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas ihwal Cara Budidaya Ikan Bawal. Nah, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.


Ikan Bawal ialah salah satu jenis ikan air tawar yang masuk dalam famili Bramidae. Ikan bawal ada yang berasal dari Hawaii dan beberapa berasal dari beberapa tempat di indonesia.


Cara Dan Tips Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses



Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Upaordo: Percoidei

Superfamili: Percoidea

Famili: Bramidae

Genera :

Brama

Eumegistus

Pteraclis

Pterycombus

Taractes

Taractichthys

Xenobrama


Ikan bawal banyak digemari orang untuk konsumsi, sehingga membudidayakan ikan ini untuk menjadi salah satu perjuangan yang cukup menjanjikan. Membudidayakan ikan bawal tidak begitu sulit, budidaya ikan bawal sanggup dilakukan dengan banyak sekali metode, kolam untuk budidaya pun sanggup memakai kolam tanah, terpal atau pun kandang. Kunci biar sukses dalam budidaya ikan bawal ialah memperhatikan setingan kolam untuk budidaya, perbanyak warta ihwal budidaya ikan ini, dan yang terpenting jangan pikirkan hasil yang besar dulu tanpa mempertimbangkan resiko yang akan terjadi nantinya.


Cara Budidaya Ikan Bawal :



  • Persiapan Kolam


Cara Dan Tips Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses Cara Dan Tips Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses

Kolam yang akan dipakai untuk budidaya dibentuk sesuai dengan ukuran tanah atau lahan yang ada, biasanya ukuran umum kolam budidaya ikan ini ialah 5 meter x 10 meter x 2 meter. Setelah kolam jadi, keringkan kolam terlebih dahulu sebelum di isi dengan air, kemudian tabur garam grasak biar jamur atau mikroorganisme lain mati. Gemburkan tanah terlebih dahulu sebelum diisi dengan air (bila memakai kolam tanah). Beri pupuk sangkar yang telah di fermentasi dengan gula cair dan ragi tape dan dijemur selama 2 hari kemudian letakkan dalam karung yang telah dilubangi pada kepingan dasar kolam. Dan untuk mengatur tingkat keasaman dalam tanah juga dilakukan pemupukan dengan dolomit atau pupuk kapur dan urea.



  • Pengisian Air


Setelah semua urusan kolam sudah selesai, selanjutnya isi kolam dengan air tingginya sekitar 50 sampai 70 cm atau diadaptasi dengan tinggi kolam. Apabila air dalam kolam mengalami penurunan sebab terserap tanah (kolam tanah) isi lagi. Setelah itu, diamkan air dalam kolam selama sekitar 15 hari dengan tujuan menghidupkan kutu air dan fitoplankton dalam air yang akan jadi masakan alami ikan nantinya.



  • Penebaran Benih


Cara Dan Tips Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses



Penebaran benih baik dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Jangan pribadi masukan benih ikan ke dalam kolam sebab sanggup menciptakan ikan stres dan rentan mati hal itu juga sebab ikan belum menyesuaikan diri dengan lingkungan atau kondisi air. Sebaiknya sebelum ditebar ikan dimasukan dalam kolam atau baskom berisi air kolam selama sekitar 30 menit biar sanggup menyesuaikan diri, sesudah itu masukan benih yang sudah menyesuaikan diri ke dalam kolam secara perlahan.



  • Pemberian Pakan


Ikan bawal budidaya biasanya diberi pakan berupa pelet dengan takaran yang diberikan diadaptasi dengan umur ikan. Agar ikan cepat tumbuh besar, pertolongan pakan ikan dilakukan sebanyak 4 kali yaitu pada pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari, pertolongan pakan pada malam hari lebih banyak sebab periode waktu malam lebih usang sampai pertolongan pakan berikutnya.



  • Perawatan Ikan


Ikan biar tetap sehat diberi vitamin seminggu sekali dan itu dilakukan selama budidaya tersebut berlangsung.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel