15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Bagi Pria Dan Wanita

15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan  Pria Dan Wanita


Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas perihal Manfaat dari Pinang. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Pinang (Areca catechu) yaitu sejenis pohon palem yang banyak tumbuh pada tempat Asia, Pasifik, dan Afrika potongan timur. Batang pohon pinang lurus dengan ketiggian sekitar 25 meter dan diameter batang sekitar 15 cm kadang lebih. Pelepah daunnya berbentuk tabung dengan panjang sekitar 80 cm, bertangkai pendek dengan daun panjang sekitar 80 cm, daunnya mempunyai ujung bergerigi dan sobek. Tongkol bunganya berseludang panjang dan gampang rontok, panjang nya sekitar 75 cm, letaknya dibawah daun. Buah Pinang mempunyai bentuk buni, bundar telur terbalik memanjang, warna buahnya merah oranye, panjang buahnya sekitar 3,5 sampai 7 cm dengan dinding buah berserabut.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Arecales

Famili: Arecaceae

Genus: Areca

Spesies: A. catechu


Kandungan yang terdapat pada biji pinang antara lain: alkaloid, menyerupai arekolin (C8H13NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine, tanin terkondensasi, tannin terhidrolisis, flavan, senyawa fenolik, asam galat, getah, lignin, minyak menguap dan tidak menguap, serta garam. Selain itu terdapat juga flavonoid (antosianin, flavonol, dan proantosianidin).

Karena kandungan tersebut buah pinang, mempunyai banyak manfaat yang baik untuk badan dari kesehatan:


Dapat mengobati Nyeri Pinggang

Nyeri pada pinggang sanggup disebabkan oleh banyak hal, sanggup lantaran kurang pergerakan pasca cidera sehingga terjadi kekakuan otot sehingga mengakibatkan stress berat otot pinggang. Orang yang mengalami nyeri otot biasanya tidak nyaman dalam beraktifitas. Namun jangan khawatir , anda sanggup memanfaatkan daun pinang untuk mengatasi hal tersebut. Caranya : tumbuk daun pinang kemudian oleskan pada pinggang yang sakit. Tumbukan daun pinang tersebut sanggup membantu menghambat stimulasi faktor-faktor yang daat menimbulkan nyeri pada otot sehingganya nyeri pinggang sanggup berkurang, selain mengatasi nyeri pinggang tumbukan daun pinang juga sanggup membantu mengurangi rasa nyeri yang lain.

Dapat membantu mengobati penyakit kulit kudis

Kudis merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan berair. Biasanya kudis terjadi pada bagian-bagian badan yang tersembunyi atau terjepit dan sering terkena air. Pinang sanggup membantu mengatasi duduk kasus kudis yaitu dengan memanfaatkan biji buah pinang, caranya: parut biji buah pinang kemudian oleskan secara rutin pada potongan yang sakit.

Dapat membantu mengembalikan ukuran rahim sesudah melahirkan

Pasca melahirkan niscaya perempuan ingin perutnya segera langsing, lantaran biasanya pasca melahirkan perut akan membesar tanggapan diameter rahim yang tidak eksklusif mengecil. Oleh alasannya yaitu itu,  untuk mengatasi hal tersebut banyak orang renta yang menyarankan semoga pasca melahirkan mengkonsumsi air rebusan buah pinang secara rutin.

Dapat mengatasi sakit gigi

Sakit gigi memang akan terasa tidak begitu nyaman lantaran nyeri untuk mengatasi hal tersebut, anda sanggup memanfaatkan pinang yaitu dengan cara mengiris sedikit buah pinang kemudian gigit atau sumpalkan buah pinang tersebut pada potongan gigi yang sakit.

Dapat membantu meningkatkan gairah seks kaum pria

Karena kandungan arekolin pada pinang, pinang sanggup meningkatkan gairah pada kaum pria. Caranya: poton kecil-kecil biji pinang yang belum mengeras kemudian kunyah kemudian di makan. Cara lainnya : rebuslah biji pinang  yang telah di hancurkan dengan 2 gelas air, tunggu sampai air bersisa setengahnya atau sekitar 1 gelas. Kemudian minum.

Dapat membantu mengobati luka pada kulit

Caranya yaitu: tumbuk sampai halus  daging buah pinang yang masih muda kemudian balurkan atau tempelkan pada potongan kulit yang terluka.

Dapat membantu mengobati cacingan

Caranya: Rebuslah sekitar 1/4 potong buah pinang, 1/2 jari rimpang temulawak, dan 1/2 jari rimpang kunyit. Setelah itu, saring ramuan tersebut, kemudian minum.

Dapat membantu menguatkan gigi dan gusi

Caranya: potonglah biji buah pinang menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah potongan biji pinang tersebut.

Dapat membantu mengobati Difteri

Caranya: rebus sekitar 2 biji buah pinang dengan dua gelas air sampai air tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Setelah itu, tambahkan 1 sdm madu kemudian aduk sampai tercampur rata. Lalu minum secara perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri yang diderita.

Dapat membantu mengobati rabun mata

Caranya: Kunyahlah buah pinang kemudian telan airnya.

Dapat membantu mengobati indera pendengaran bernanah

Caranya: Tumbuk halus akar buah pinang muda kemudian peras dan ambil airnya. Bersihkan dahulu indera pendengaran yang sakit dengan kapas , sesudah itu barulah tetesi indera pendengaran dengan air tumbukan akar pinang sekitar 3 tetes kemudian sumbat dengan kapas lubang indera pendengaran semoga air tersebut tidak keluar. Lakukan hal tersebut setiap hari secara rutin semoga cepat sembuh.

Dan lain-lain


Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Bagi Pria Dan Wanita“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Bagi Pria Dan Wanita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel