5 Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Sedap Malam Bernilai Jual Tinggi

5 Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Sedap Malam Bernilai Jual Tinggi


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas ihwal Cara Menanam Bunga Sedap Malam. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) yaitu salah satu jenis tumbuhan bunga hias yang dimana bunganya akan mekar dan berbunga pada malam hari. Tanaman bunga hias sedap malam ini di perkirakan berasal dari Meksiko. Bunga ini di beri nama sedap malam sebab bunga ini mempunyai bacin harum yang berbeda dengan tumbuhan hias lainnya. Bunga sedap malam mempunyai bunga dengan beberapa varian warna yaitu merah, kuning, dan putih.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Asparagales

Famili: Agavaceae

Genus: Polianthes

Spesies: P. tuberosa


Walau ada bunga yang berwarna merah dan kuning, kebanyakan bunga sedap malam yang sering ditanam yaitu bunga yang berwarna putih. Berikut yaitu cara menanam bunga sedap malam :


a. Syarat Tumbuh

Bunga Sedap Malam, sanggup tumbuh maksimal pada tempat dataran rendah dengan tingkat keasaman atau pH tanah berkisar antara 5 sampai 5,8. Tidak hanya pada tempat dataran rendah saja bunga sedap malam sanggup tumbuh, pada tempat datarn tinggi pun bunga ini sanggup tumbuh namun hanya saja bunganya tidak akan terlalu mekar dan tangkainya lebih malas.


b. Pembibitan

Bibit diperoleh dari umbi tumbuhan yang sudah bau tanah yaitu sekitar berumur 2 tahun dengan ukuran umbi sekitar 2 atau 3 cm. Setelah umbi didapatkan, keringkan umbi sampai 3 atau 4 minggu, Setelah itu simpan umbi bibit sekitar 1,5 bulan biar umbi sanggup gampang tumbuh tunas.


c. Media Tanam

Media tanam bunga sedap malam bunga sanggup di buat dari adonan pupuk sangkar atau pupuk kompos halus dengan arang sekam dan tanah dengan takaran perbandingan 1 : 1 : 1, sesudah media tanam siap, selanjutnya masukkan media tanam pada polybag atau pot bunga (dengan ukuran sesuai keinginan), usahakan polybag atau pot bunga tersebut mempunyai lubang drainase sehingga ketika penyiraman air tidak menggenang, sebab bila air menggenang tumbuhan sanggup busuk.


d. Penanaman

Setelah polybag atau pot bunga telah diisi dengan media tanam, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam untuk umbi bibit dengan ukuran yang di sesuaikan dengan ukuran umbi tersebut, untuk kedalamnya buatlah sekitar 5 atau 6 cm. Setelah lubang tanam siap, masukkan umbi bibit dalam lubang tanam, kemudian umbi tersebut ditimbun dengan tanah kemudian areal tumbuhan dipadatkan, biar cepat bertunas lakukan secara teratur penyiraman.


e. Perawatan Tanaman

Lakukan penyiraman bunga sedap malam 2x sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari secara teratur. Lakukan pemupukan pada tumbuhan bunga ketika tumbuhan sudah berumur sekitar 6 bulan, pupuk yang dipakai yaitu pupuk adonan antara pupuk Urea dan TSP dengan takaran perbandingan 1 : 1. Bunga Sedap Malam akan mulai berbunga ketika sudah memasuki umur 4 atau 5 bulan sesudah penanaman.


Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Sedap Malam Bernilai Jual Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Bunga Sedap Malam Bernilai Jual Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel