20 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizi Didalamnya

20 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizi Didalamnya


Hai Sahabat……Kali ini kita akan membahas perihal Kandungan serta manfaat dari buah Rambutan Bagi Kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Rambutan (Nephelium lappaceum) yakni tumbuhan tropis yang tergolong ke dalam famili Sapindaceae atau suku lerak-lerakan, rambutan berasal dari kawasan kepulauan di wilayah Asia Tenggara. Asal nama “rambutan” diberikan alasannya yakni rambutan mempunyai bentuk buah yang mempunyai kulit ibarat rambut. Tinggi pohon rambutan sanggup mencapai ketinggian sekitar 8 meter, bentuk daunnya bundar telur beragam menyirip. Buah rambutan tertutup oleh kulit buah yang mempunyai “rambut” pada serpihan eksokarp atau luarnya. Kulit buah rambutan berwarna hijau ketika masih muda dan berangsur menjelma menjadi warna kuning sampai merah ketika ranum atau masak. Bagian endokarp rambutan berwarna putih dan menutupi daging buah. Daging buah yang kita makan sebetulnya yakni salut biji (aril) yang menempel besar lengan berkuasa pada kulit terluar biji.



Klasifikasi ilmiah Rambutan

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Sapindales

Famili: Sapindaceae

Genus: Nephelium

Spesies: N. lappaceum


Kandungan Gizi Rambutan/ 100 g

Kalori (kcal) 82

Jumlah Lemak 0,2 g

Kolesterol 0 mg

Natrium 11 mg

Kalium 42 mg

Jumlah Karbohidrat 21 g

Serat pangan 0,9 g

Protein 0,7 g

Vitamin A 3 IU

Vitamin C 4,9 mg

Kalsium 22 mg

Zat besi 0,4 mg

Vitamin B6 0 mg

Vitamin B12 0 µg

Magnesium 7 mg



Dari kandungan tersebut rambutan mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, berikut yakni manfaat dari buah rambutan :


Manfaat Buah Rambutan


  • Dapat Membantu menyembuhkan penyakit anemia


Karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah rambutan, buah rambutan bisa dipakai untuk membantu menyembuhkan penyakit anemia (Penyakit akhir berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah) tersebut. Baik juga dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah terjangkit penyakit anemia.



  • Dapat membantu menambah produksi sel darah merah (eritrosit) dalam tubuh


Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah rambutan sanggup membantu menambah produksi eritrosit atau sel darah merah dalam tubuh.



  • Dapat membantu mengobati sariawan, bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan


Rambutan yang mengandung cukup tinggi vitamin c sanggup membantu mengobati sariawan, bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan.



  • Dapat membantu mengobati Tekanan darah tinggi atau Hipertensi

  • Dapat membantu mengobati persoalan Diare

  • Dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam badan penyebab penyakit kolesterol


Kandungan flavonoid pada buah rambutan bisa mengurangi atau menurunkan kadar lemak atau kolesterol jahat dalam badan sehingga badan sanggup terhindar dari penyakit kolesterol.



  • Dapat membantu mengobati banyak sekali radang


Karena rambutan mengandung anti inflamasi, rambutan bisa membantu mengobati banyak sekali peradangan pada sendi, otot, tenggorokan, dan paru-paru.



  • Dapat membantu menyukseskan Diet


Kandungan kalori pada rambutan yang tidak terlalu tinggi, menciptakan rambutan baik di konsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan progam diet.



  • Dapat mencegah Kanker


Rambutan mengandung senyawa anti kanker, sehingga buah rambutan bisa dalam mencegah kanker atau mengurangi resiko terkena kanker.



  • Dapat Menetralkan Toksik dalam ginjal dan Dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal


Kandungan fosfor dalam buah rambutan yang cukup tinggi, bisa menetralkan toksik dalam ginjal dan membantu meningkatkan kinerja ginjal sehingga sanggup menjaga kesehatan ginjal.



  • Baik dikonsumsi Untuk ibu hamil


Pada dikala hamil niscaya banyak gangguannya mirip pusing dan mual, tapi damai mengonsumsi buah rambutan sanggup meredakan hal tersebut.



Demikian artikel pembahasan tentang”20 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizi Didalamnya“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "20 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizi Didalamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel