27 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

27 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas ihwal Manfaat dari Daun Sirih Bagi Kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Sirih (Piper betle) yaitu tumbuhan yang tumbuh merambat pada batang pohon lain, tumbuhan ini merupakan tumbuhan orisinil dari Indonesia yang berasal dari ordo Piperales. Tanaman sirih sanggup tumbuh merambat hingga ketinggian 15 meter. Batang daun sirih berbentuk bundar beruas dan berwarna cokelat kehijauan, batang ini pula tempat dimana akar tumbuh. Daun sirih mempunyai bentuk ibarat hati dengan ujung merucing, daunnya tumbuh tunggal berselang seling dan apabila diremas maka akan mengeluarkan anyir yang sedap, berukuran 5 cm-8 cm untuk panjangnya dan 2 cm-5 cm untuk lebarnya. Sirih mempunyai buah buni dengan bentuk bundar berwarna hijau keabuan. Bunga sirih beragam berbentuk bulir dengan daun pelindung berbentuk bundar panjang.


 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan 27 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Magnoliidae

Ordo: Piperales

Famili: Piperaceae

Genus: Piper

Spesies: P. betle


Berikut ini yaitu kandungan serta manfaat dari Daun sirih:


Sirih mengandung Minyak atsiri (minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, fenol, gula dan zat samak dan kavikol) yang kaya akan manfaat. Berikut yaitu manfaat dari Daun Sirih :


1. Dapat membantu mengobati penyakit asma


Daun sirih sanggup membantu mengobati asma, Caranya : siapkan 4 hingga 5 lembar daun sirih, kemudian rebus daun sirih dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2x hingga 3x sehari 1 gelas.


2. Dapat menyembuhkan radang tenggorokan


Daun sirih Dapat dipakai sebagai obat sakit tenggorokan, caranya rebuslah sekitar 4-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Kemudian minumlah rebusan daun tersebut secara rutin 2x-3x sehari 1 gelas.


3. Dapat mengobati batuk


Daun sirih sanggup mengobati batuk.caranya dengan merebus sekitar 5 lembar daun sirih merah dalam 300 mili liter air, kemudian minumlah air rebusan sebanyak 2 x sehari secara teratur.


4. Dapat mengobati penyakit Bronchitis


Daun sirih sanggup membantu mengobati penyakit Bronchitis dengan cara daun sirih sekitar 6–10 lembar direbus daun sirih dengan sekitar 300 ml air hingga tersisa sekitar setengahnya. Kemudian minum air rebusan tersebut 3x sehari secara teratur.


5. Dapat membantu mengobati luka bakar ringan


Cara mengobati luka bakar ringan tersebut dengan daun sirih yaitu dengan menumbuk sekitar 3-5 lembar daun sirih merah, sehabis halus campur dengan 2 sendok teh madu. Kemudian oleskan pada luka 2x sehari.


6. Dapat mengobati demam berdarah


Cara mengobati demam berdarah memakai daun sirih yaitu dengan merebus sekitar 5-6 lembar daun sirih dalam 2 gelas air hingga air rebusan bersisa sekitar 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak 2x sehari secara rutin.


7. Dapat menyembuhkan iritasi dan sakit mata


Cara menyembuhkan iritasi dan sakit mata memakai daun sirih yaitu dengan merebus sekitar 1 atau 2 lembar daun sirih dengan segelas air,jika sudah tunggu air rebusan cuek dahulu. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau sebagai obat tetes mata.


8. Dapat melancarkan haid/menstruasi


Daun sirih bisa melancarkan menstruasi pada perempuan caranya sekitar 3 lembar daun sirih direbus bersama sekitar 10 gr mahkota dewa, 15 gr umbi ilahi dengan 2 gelas air hingga tersisa kira-kira segelas saja. Lalu minum air rebusan tersebut 2x sehari.


9. Dapat mengatasi duduk perkara keputihan pada kawasan kewanitaan 


Untuk mengatasi duduk perkara keputihan daun sirih merah sekitar 5 -10 lembar dengan air sekitar 250 ml dan sehabis dingin, saring air rebusan kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh kawasan kewanitaan.


10. Dapat menghilangkan anyir mulut


Untuk menghilangkan anyir lisan caranya sekitar 10-15 lembar daun siris direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. kemudian air rebusan tersebut dipakai untuk berkumur.


11. Dapat mengobati penyakit jantung


Caranya 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jintan putih, dan biji kemukus sebanyak 7 pasang dicampur jadi satu kemudian ditumbuk , kemudian ditambahi dengan sendok makan air panas. Setelah agak dingin, saring. Kemudian minumlah air ramuan tersebut sebanyak 2x sehari.


12. Dapat mengobati gusi berdarah


Cara mengobati gusi berdarah dengan daun sirih yaitu dengan merebus sekitar 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air hingga mendidih. Setelah itu gunakan air rebusan untuk berkumur setidaknya 3x sehari.



  • Dapat mengobati sakit gusi dan sariawan

  • Dapat menghilangkan anyir badan

  • Dapat menghilangkan keringat berlebih

  • Dapat mengobati payudara yang membengkak

  • Dapat mengurangi produksi ASI yang berlebih

  • Dapat mengobati alergi yang menjadikan gatal-gatal

  • Dapat mengobati asam urat

  • Dapat mengobati diare

  • Dapat mengobati mimisan

  • Dapat mengobati gigi berlubang

  • Dapat mengobati sakit maag

  • Dapat membantu mengobati radang paru-paru

  • Dapat menghaluskan kulit

  • Dapat membantu mengatasi duduk perkara jerawat

  • Dapat mencegah penuaan dini


Demikian artikel pembahasan tentang”27 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "27 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel