25 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Penjelasan Tentang Zaitun, Klasifikasi Ilmiah , Kandungan Serta Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas wacana Zaitun Mulai dari Kandungan hingga Manfaat Minyak Zaitun Atau Olive Oil Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Nah, untuk lebih jelsanya mari simak pembahasan berikut ini.


Zaitun atau Olea europaea yakni tanaman yang berasal dari suku Oleaceae, zaitun mempunyai pohon yang perdu pendek dan besar dengan tinggi sekitar 8 meter hingga 15 meter, batangnya terpelintir dan keriput, daunnya berwarna hijau keperakan berbentuk lonjong berukuran sekitar 4 cm hingga 10 cm dengan lebar sekitar 1 cm hingga 3 cm. Bunganya berbentuk lonceng berbulu berukuran kecil dengan warna putih. Buahnya berukuran kecil berupa drup atau buah kerikil dengan ukuran panjang sekitar 1 cm hingga 2.5 cm dan biji berendosperma. Buah zaitun biasanya dimakan mentah atau dijadikan penyegar setelah diawetkan, Sedangkan buah yang bau tanah di peras untuk menghasilkan minyak yang lalu akan diekstrak menjadi minyak zaitun yang mempunyai banyak manfaat.


 Kandungan Serta Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan 25 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Lamiales

Famili: Oleaceae

Genus: Olea

Spesies: O. europaea

Subspesies:

Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)

Olea europaea subsp. cuspidata (dari Afrika Selatan hingga Afrika Timur, Arabia hingga Barat Daya Tiongkok)

Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)

Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)

Olea europaea subsp. maroccana (Maroko)

Olea europaea subsp. laperrinei (Aljazair, Sudan, Niger)



Kandungan Buah Zaitun

Zat besi, tembaga, serat pangan, vitamin E, vitamin A,Serta vitamin lainnya, asam pentatonik, potasium, kalsium, Squalene, asam lemak dan senyawa fitonutrien mulai dari fenol sederhana (tirosol dan hidroksitirosol), terpenes (oleuropein, demetileuropein, eritrodiol, uvaol, asam oleanolat, asam elenoat, ligstroside), flavon (apigenin, luteolin), asam hidroksisinamat (asam kafeat, asam sinamat, asam ferulat, asam koumarat), antosianidin (sianidin, peonidin), flavonol (quercetin, kaempferol), asam hidroksibenzoik (asam galat, asam protokatekat, asam vanilat, asam siringat), asam hidroksifenilasetat (asam homovanilat, asam homveratrat), hingga asam linoleat, alfa linoleat, dan omega 3, Dan lainnya.


Dengan kandungan yang dimiliki oleh buah zaaitun, tidak heran buah zaitun kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan ataupun kecantikan. Berikut yakni manfaat dari Buah Zaitun, baik yang sudah diekstrak menjadi minyak atau juga yang belum.


Manfaat Zaitun


  • Dapat melangsingkan dan memperindah tubuh


Menurut riset dari The British Journal of Nutrition, mengganti minyak jenuh dengan minyak zaitu selama sekitar empat ahad dengan tidak mengubah contoh makan, sanggup membantu mengurangi berat tubuh sekitar 2 kg hingga 3 kg alasannya minyak zaitun bisa memecah sel adiposit yang menimbulkan kelebihan berat tubuh ataua obesitas.



  • Dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit jantung


Minyak zaitun sanggup memperlancar anutan darah, sanggup menurunkan tekanan darah, serta sanggup mengatur kadar kolesterol dalam tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan atau mempertahankan kolesterol baik, semua itu telah terbukti ilmiah sanggup menjaga kesehatan jantung dan sanggup mencegah terjangkit penyakit stroke.



  • Dapat mencegah penyakit kanker


Minyak zaitun mengandunga antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan juga sebagai anti inflamasi bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan asam oleat, asam oleanolat, uavol, dan eritrodiol dalam buah zaitun bisa menghambat perkembangan reseptor pemicu dan juga bisa mengganggu siklus hidup dari sel kanker payudara.



  • Dapat menurunkan kadar gula dalam darah


Karena zaitun sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara tidak eksklusif sanggup membantu menurunkan risiko terjangkit penyakit gula dan kadar gula dalam darah pun sanggup turun.



  • Dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh


Karena kandungan antioksidan polifenol pada minyak zaitun. Senyawa polifenol ini bisa melaksanakan detoksifikasi terhadap molekul yang tidak seimbang sehingga bisa menangkal radikal bebas masuk dalam tubuh.



  • Dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang


Kandungan hidroksitirosol dan oleuroperin dalam zaitun bisa meningkatkan deposisi kalsium dan sanggup membantu dalam pertumbuhan tulang sehingga kepadatan tetap terjaga dan pastinya tulang jauh dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.



  • Dapat mengatasi dilema nyeri sendi


Minyak zaitun yang sanggup membantu mendorong proses produksi prostaglandin yaitu zat yang sanggup mencegah terjadinya pembengkakan dan nyeri.



  • Dapat mencegah anemia


Kandungan zat besi dan tembaga dalam zaitun sanggup membantu dalam proses pembentukan sel darah merah sehingga otomatis buah zaitun sanggup mencegah terjadinya anemia.



  • Dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan


Karena kandungan serat pangan yang sehat dalam buah zaitun sanggup melindungi sistem pencernaan dari banyak sekali masalah.



  • Dapat mengatasi alergi


Kandungan senyawa dalam buah zaitun yang bisa bertindak sebagai anti histamin yang sanggup menghambat produksi reseptor H1 atau Histamin ketika alergi yang penyebab peradangan.



  • Dapat meredakan peradangan


Kandungan anti oksidan dalam buah zaitun yang bertindak sebagai anti inflamasi sanggup meredakan banyak sekali peradangan yang terjadi dalam tubuh.



  • Dapat menjaga Kesehatan kulit serta menjaga ke elastisitas kulit.

  • Dapat melembabkan kulit yang kering.

  • Dapat melindungi kulit dari efek jelek dari sinar matahari.

  • Dapat mengatasi dilema kulit berminyak.

  • Dapat menghilangkan flek pada wajah.

  • Dapat menciptakan rambut lebih berkilau.

  • Dapat membantu membuatkan dan memanjangkan rambut.

  • Dapat membantu merawat rambut yang rusak.



Demikian artikle pemnbahasan tentang”25 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan “, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "25 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel