Cara Menanam Dan Budidaya Lengkuas Menggunakan Polybag/Pot Dengan Mudah

Cara Menanam Dan Budidaya Lengkuas Menggunakan Polybag/Pot Dengan Mudah


Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas ihwal Cara menanam atau budidaya Lengkuas atau Laos dalam polybag atau pot. Berikut ialah pembahasannya secara lengkap. Mari simak….


Lengkuas atau Laos (Alpinia galanga) ialah salah satu tumbuhan umbi yang berasal dari Famili Zingiberaceae yang biasanya dimanfaatkam sebagai bumbu dapur dan juga sebagai obat. Lengkuas merupakan tumbuhan yang mempunyai batang lunak yang bertipe semu dan tegak dengan ketinggian sekitar 2 meter lebih serta seluruh bab batangnya ditutupi oleh pelepah. Daunnya tunggal berbentuk lanset memanjang berujung runcing dan berpangkal tumpul serta bab tepi rata dan bertangkai pendek, ukuran daunya ialah sekitar 25 hingga 50 cm x 7 hingga 15 cm.

Umbinya hijau sewaktu muda dan coklat apabila sudah tua. Umbinya mempunyai anyir harum, umbinya ada yang berwarna putih dan ada yang merah. Rimpang lengkuas merayap, berdaging, kulit berwarna mengkilap, mempunyai aroma khas, berserat kasar, dan mempunyai rasa pedas bila sudah tua.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Zingiberales

Famili: Zingiberaceae

Upafamili: Alpinioideae

Bangsa: Alpinieae

Genus: Alpinia

Spesies: A. galanga


Menanam lengkuas sangatlah gampang sehingga banyak orang yang menanamnya alasannya ialah selain ditanam untuk dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, lengkuas juga banyak dimanfaatkan untuk obat. Lengkuas tidah harus ditanam pada lahan yang luas, menanamnya juga sanggup dilakukan di polybag atau pot. Berikut adalah cara menanam lengkuas di dalam polybag atau pot:


a. Pembibitan

Memilih bibit

Pilihlah bibit yang berasal dari tumbuhan induk yang sudah bau tanah dan bebas dari hama dan penyakit yaitu tumbuhan yang telah berumur sekitar 9 hingga 10 bulan.

Penyemaian bibit

Sebelum ditanam bibit lengkuas terlebih dahulu disemai dalam peti kayu, caranya:

jemur dahulu bibit tetapi jangan hingga terlalu kering dan kemudian simpan lebih kurang sekitar 1 hingga 1,5 bulan

Kemudian potong bibt lengkuas menjadi 4 bab dengan setiap bab masing-masing mempunyai 3 atau 4 mata tunas, sesudah dipotong jemur lagi selama sehari. Selanjutnya, celupkan bibit dalam larutan fungisisda selama satu menitdengan memakai karung anyaman. Setelah bibit kering, masukkan bibit lengkuas dalam peti. Letakkan bibit pada lapisan paling bawah dan tutup dengan lapisan debu sekam pada bab atasnya, begitu seterusnya. Lalu diamkan selama sekitar 2 ahad hingga 4 minggu.


b. Persiapan Tempat Tanam Dan media tanam

Karena kita akan menanam memakai polybag atau pot, kita siapkan dahulu pot atau polybagnya. Kemudian siapkan media tanam berupa adonan tanah, pupuk sangkar dan pupuk kompos. Campurkan ketiganya dengan perbandingan 1: 1 : 1 hingga merata. Kemudian, isikan media tanama tersebut ke dalam polybag atau pot berukuran sedang hingga terisi 3/4 bagian. Letakkan polybag atau pot pada kawasan yang teduh tetapi tetap terkena sinar matahari dan diamkan selama seminggu sebelum siap tanam.


c. Penanaman

Setelah bibit lengkuas bertunas selanjutnya lakukan penanaman, buatlah lubang pada media tanam pada polybag atau pot dengan kedalaman sekitar 10 cm hingga 15 cm, kemudian masukkan sekitar 2 hingga 3 rimpang bibit didalamnya dengan posisi tunas berada di atas. Setelah itu, timbun lagi memakai tanah hingga penuh. selanjutnya lakukan penyiraman tetapi secukupnya untuk menghindari terjadinya pembusukan rimpang lengkuas.


d. Perawatan Dan Pemanenan

Setelah penanaman, lakukan penyiraman secara rutin. Sementara untuk pemupukan juga dilakukan secara teratur, sumbangan pupuk berupa pupuk kandang, sumbangan pupuk sangkar tersebut diberikan pada ketika tumbuhan lengkuas sudah memasuki umur sekitar 1 bulan semenjak penanaman, hal itu juga diberikan semoga pertumbuhan tumbuhan lengkuas juga tidak terhambat. Jangan lupa juga lakukan penyiangan terhadap gulma atau rumput liar yang ada di sekitar tanaman.

Pemanenan lengkuas sanggup dilakukan pada ketika tumbuhan lengkuas sudah berumur sekitar 10 bulan hingga 11 bulan sesudah tanam.


Cara Menanam Dan Budidaya Lengkuas Menggunakan Polybag Cara Menanam Dan Budidaya Lengkuas Menggunakan Polybag/Pot Dengan Mudah


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Budidaya Lengkuas Menggunakan Polybag/Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Dan Budidaya Lengkuas Menggunakan Polybag/Pot Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel