Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah


Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas perihal cara menanam dan merawat bunga aster. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya berikut ini.


Bunga Aster yaitu salah satu jenis bunga yang berasal dari Tiongkok, bunga ini sanggup tumbuh dengan ketinggian rata-rata sekitar 30 cm sampai 70 cm. Bunga aster berdaun susun dan mempunyai banyak variant warna ibarat putih, ungu, biru, pink dan lainnya dengan cuilan tengah berwarna kuning.


Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan  Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah


Klasifikasi ilmiah Aster

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiosperms

(tidak termasuk): Eudicots

(tidak termasuk): Asterids

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Upafamili: Asteroideae

Bangsa: Astereae

Genus: Aster


Karena keindahan bunga dan warnanya yang menarik serta bunga aster sanggup berbunga sepanjang musim, bunga aster sekarang banyak ditanam oleh banyak orang. Nah, kali ini kita akan membahas perihal cara menanam bunga aster. Berikut yaitu cara menanam dan merawat tumbuhan bunga aster :



  • Pembibitan


Untuk mendapat bibit bunga aster, anda sanggup mengambil benih bibit dari tumbuhan aster secara eksklusif atau membeli benih bibit di toko. Tanaman yang elok untuk diambil untuk benih yaitu tumbuhan yang mempunyai umur sekitar 6 bulan sampai 12 bulan. Ambil bunga pada tumbuhan yang dibentuk benih, kemudian jemur bunga sampai kering. Jika sudah kering pisahkan biji dari bunga.



  • Persiapan Penanaman Benih


Jika sudah memperoleh benih, selanjutnya benih tidak di tanam pada media tanam permanen melainkan disemaikan terlebih dahulu pada media semai. Media semai dibentuk dari adonan tanah dengan pasir dan juga pupuk kandang/kompos yang halus ( 1 : 1 :1). Kemudian semaikan benih pada media semai, kemudian tutup dengan media tanam lagi tetapi tipis. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban media secara rutin. Jika sudah menjadi bibit dengan 4 sampai 5 helai daun, bibit aster sanggup dipindahkan pada media tanam permanen.



  • Penanaman


Pada penanaman, bibit bunga ditanam pada polybag atau pot yang sudah diisi dengan adonan tanah, pasir, pupuk sangkar atau kompos dengan perbadingan sekitar 1:1:1. Pada polybag atau pot dibentuk lubang tanam ( sesuaikan dengan ukuran bibit bunga), selanjutnya tanam bibit bunga dengan posisi tegak pada lubang tanam yang telah dibentuk kemudian timbun dengan media tanam dengan sedikit dipadatkan. Penanaman yang baik dilakukan pada sore hari.



  • Pemeliharaan


Penyiraman bunga dilakukan secara teratur yaitu dua hari sekali penyiraman. Untuk pemupukan sanggup memakai pupuk NPK dengan takaran 1 sendok per tanaman, pinjaman pupuk diberikan dengan cara diletakan atau ditabur pada sekitar tanaman. Pemangkasan pucuk juga perlu dilakukan semoga merangsang cabang dan tunas baru. Bunga aster sanggup tumbuh sampai umur sekitar 1 sampai 2 tahun.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel