Cara Praktis Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen

Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen


Hai Sahabat….Kali ini kita akn memnbahas perihal Cara Budidaya Ikan Gurame atau Gurami. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Gurami atau Gurame (Osphronemus goramy) adalah Salah satu jenis ikan air tawar yang disukai dan terkenal sebagai ikan konsumsi di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan Gurame mempunyai badan yang pipih dan lebar, Serta memuliki moncong yang runcing pada dikala masih muda.


Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Osphronemidae

Genus: Osphronemus

Spesies: O. goramy


Karena banyak digemari sebagi ikan konsumsi, seruan pasar sangatlah tinggi akan ikan ini apalagi seruan restoran atau daerah makan yang menyediakan atau menjual hidangan ikan gurame. Selain hal itu, harga gurame pun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan tawar konsumsi lainnya. Semua itu jadi alasan banyak orang yang mulai membudidayakan ikan gurame. Berikut adalah cara budidaya ikan gurame :



  • Kolam


Untuk menciptakan kolam, siapkan area dengan luas sekitar 5 meter x 10 meter. Kolam budidaya ikan gurame biasanya dibentuk dengan memakai Kolam tanah, kolam terpal atau kolam semen atau juga dengan keramba jaring apung. Kali ini kita akan menciptakan kolam dari tanah. Kolam tanah yang akan dipakai untuk budidaya ikan gurame terlebih dahulu dikeringkan hingga retak-retak biar mikrooorganisme dan bakteri dalam tanah mati, Lalu gemburkan tanah sehingga hilang kandungan amonianya.


Selanjutnya, lakukan pengapuran memakai dolomit (dengan takaran disesuaikan) dengan cara ditebar pada permukaan kolam, tujuan pengapuran dilakukan yaitu untuk menyeimbangkan pH tanah dan biar mikroorganisme pantogen hilang.


Setelah itu, lakukan pemupukan dengan pupuk organik (pupuk sangkar atau pupuk kompos) dan juga diberi pelengkap urea dan TSP, pemupukan dilakukan untuk memberi nutrisi pada orgaisme ibarat kutu air dan plankton yang nantinya akan menjadi makanan alami gurame.



  • Pengisian Air Kolam


Kolam yang sudah siap, selanjutnya diisi air secara sedikit demi sedikit hingga penuh untuk memungkinkan fitoplankton tumbuh dengan baik. Setelah air kolam dipenuhi fitoplankton, Kolam budidaya akan berwarna kehijauan alasannya ialah tumbuh lumut dan tanaman lainnya juga .Setelah satu minggu, barulah benih ikan gurame gres siap ditebar dalam kolam.



  • Penebaran Benih ikan gurame Pada Kolam


Semua persiapan kolam sudah siap, selanjutnya lakukan penebaran benih ikan yang umumnya berukuran sekitar 5 cm-7cm. Penebaran tidak pribadi memasukan ikan dalam kolam melainkan ikan terlebih dahulu dimasukan dalam wadah ibarat kolam atau baskom yang sudah diisi air kolam selama sekitar 20 menit biar ikan sanggup mengikuti keadaan dengan baik. Setelah sekitar 20 menit barulah benih ikan gurame sanggup di tebar pada kolam budidaya.



  • Pemberian Pakan


Ikan gurame ialah ikan Herbivora atau pemakan tanaman Tetapi juga ikan ini memakan cacing sutra atau binatang air ibarat kutu air atau plankton. Namun biasanya pada budidaya ikan gurame diberi pakan pelet, dedaunan dan sayuran sebanyak 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari.Dedaunan atausayuran yang biasa diberikan pada ikan ini ialah Daun talas, Daun singkong, Daun kangkung, Daun ubi jalar, Daun pepaya, Tauge, jagung, dedak, dan ampas tahu( direbus dan lalu cincang).



  • Perawatan


Perawatan yang dilakukan antara lain: menyelidiki volume air, menyelidiki suhu dan pH air, dan jangan lupa bahwa ikan gurame dihentikan terkena cahaya yang berlebihan, alasannya ialah cahaya sanggup menciptakan ikan stres bahkan mati.

Pemanenan

Ikan gurame sanggup dipanen ketika sudah layak konsumsi yaitu sudah mempunyai bobot sekitar 400 gram/ekor hingga 1 kg/ekor.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar Dan Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel