Panduan Lengkap Cara Beternak Jalak Suren Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Beternak Jalak Suren Bagi Pemula Agar Sukses


Jalak Suren (Sturnus contra) ialah salah satu jenis burung jalak yang mempunyai ukuran remaja sekitar 24 cm, jalak ini mempunyai sayap yang cukup besar tetapi kemampuan terbangnya hampir sama dengan kupu-kupu. Penyebaran burung jalak suren ini mencakup Pulau Sumatera, Jawa dan Bali.

Burung jalak mempunyai beberapa jenis selain jalak suren, untuk tau lebih jelasnya baca selengkapnya di Jenis-Jenis Burung Jalak Beserta Penjelasan Lengkap Dengan Gambar


Kali ini kita akan membahas tentang Cara Beternak Burung Jalak Suren, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Persiapan Kandang Penangkaran Jalak Suren


Kandang yang ideal untuk melaksanakan ternak jalak suren ialah mempunyai ukuran panjang sekitar 2 meter, lebar sekitar 1 meter, dan tingginya sekitar 2,25 meter, kalau dirasa lahan atau kawasan yang akan dijadikan kawasan beternak tidak memungkinkan bisa buat sangkar dengan ukuran 1x1x1 meter. Kandang tersebut bisa dibentuk dengan konstruksi :



  • Bagian kanan dan kiri sangkar bisa dibentuk dinding dengan memakai batako atau kerikil bata dan biar kelembabannya terjaga jangan plester dengan semen. Sedangkan Bagian depan sangkar harus terbuka sehingga bisa ditutup memakai kawat ram.

  • Bagian atap sangkar dibentuk separuh terbuka dan separuh tertutup. Untuk pecahan terbuka, buatlah atap memakai kawat ram dan untuk pecahan tertutup buatlah atap dengan memakai asbes.

  • Bagian lantai tidak perlu diplester, cukup memakai lantai tanah saja. Tujuan penggunaan lantai tanah ialah biar sangkar tetap lembab dan kotoran jalak suren cepat terserap.

  • Jangan lupa buatlah tangkringan atau kawasan bertengger burung jalak suren memakai balok kayu persegi, kawasan mandi jalak suren dan jangan lupa pula buatlah sarang untuk jalak suren. Sarang tersebut sanggup dibentuk memakai triplek atau kayu dengan bentuk persegi dan ukurannya sekitar 25x25x35 cm2, sesudah sarang jadi, leakkan sarang pada pecahan atas kandang.


Memilih Indukan


Calon indukan jantan dan betina jalak suren yang ideal ialah berumur sekitar 1 atau 2 tahun, alasannya ialah pada umur 1 tau 2 tahun jalak suren sudah siap kawin. Pastikan calon indukan dalam keadaan baik atau tidak cacat dan calon indukan pun sudah jinak atau tidak liar biar gampang dalam proses reproduksinya.


Menjodohkan Calon Indukan


Dalam menjodohkan jalak suren tidak begitu berbeda dengan cara menjodohkan burung kicau yang lain, ibarat contohnya burung kenari. Untuk lebih jelasnya baca disini Cara Dan Tips Ternak Atau Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula Agar Sukses


Pemberian Pakan Indukan


Agar mempercepat proses reproduksi indukan, sesudah masa penjodohan dan perkawinan, indukan harus diberi pakan yang cukup dan berkualitas. Pakan yang diberikan ada pakan utama dan pakan ekstra, untuk pakan utama biasanya indukan diberikan pakan berupa voer dan untuk pakan ekstra biasanya jalak suren diberi pakan berupa jangkrik, pisang kepok atau ulat hongkong. Setelah seminggu sesudah proses perkawinan, indukan betina jalak suren akan bertelur sekitar 4-6 butir telur dan selanjutnya indukan betina akan mengerami telur sekitar 2 bulan 15 hari.


Merawat Anakan Burung Jalak Suren


Setelah sekitar 2 bulan 15 hari masa pengeraman, telur-telur jalak suren tersebut akan menetas. Jangan pisahkan dahulu anakan dengan indukan selama sekitar seminggu atau 1 bulan. Namun bila anakan berumur sekitar 1 minggu, anakan jalak suren bisa diambil dan dirawat sendiri. Anakan jalak suren tersebut lalu masing-masing di pisahkan dalam sarang buatan berupa besek dengan pecahan atas besek ditutp dengan rotan biar anakan jalak suren sanggup istirahat. Pemberian pakan anakan jalak suren diberikan dengan cara diloloh. Pelolohan tersebut memakai voer yang telah dihaluskan biar gampang dicerna lalu diberi air hangat sedikit, pelolohan tersebut bisa memakai sepet. Pelolohan dilakukan 1 jam sekali, bila sudah agak besar bisa 2 jam sekali dan seterusnya sampai anakan jalak suren bisa makan sendiri. Jika anakan sudah bisa makan sendiri, akanan bisa diberi pakan berupa jangkrik yang sudah dibersihkan kakinya 3 kali sehari 5 ekor jangkrik.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Beternak Jalak Suren Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Beternak Jalak Suren Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel