Tips Dan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Pucuk Merah

Tips Dan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Pucuk Merah


Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas perihal Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Pucuk merah. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.


Pucuk Merah atau Syzygium oleana yaitu salah satu jenis tumbuhan hias yang mempunyai tajuk dan daun ibarat dengan tumbuhan cengkeh. Tanaman bunga pucuk merah sanggup mempunyai diameter batang sampai sekitar 30 cm dan tinggi batang sekitar 7 m. Tanaman ini dikenal dengan pupuk merah alasannya yaitu keseluruhan daunnya mempunyai warna hijau kecuali pada bab pucuk daun yang berwarna merah. Tanaman hias pucuk merah ini merupakan tumbuhan hias tropis sehingga cocok ditanam di Indonesia. Berikut adalah Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Pucuk Merah :


A. Menanam Tanaman Hias Pucuk Merah

Tanaman hias Pucuk Merah sanggup di tanam melaui dua cara yaitu dengan menanam biji dan juga dengan cara stek


a. Biji

Jika tumbuhan hias pucuk merah sudah cukup besar maka tumbuhan tersebut akan mengeluarkan biji yang bentuknya ibarat lada. Biji yang akan ditanam yaitu biji yang sudah renta yang ditandai dengan warna kehitaman, anda sanggup mengambil dari tumbuhan tersebut secara pribadi atau mengambil biji yang berada di bawah tanah atau yang telah jatuh.


Setelah mendapat biji yang akan menjadi bibit, selanjutnya biji di semai pada tanah yang gembur dan subur. Kemudian sesudah biji tumbuh menjadi bibit, pindahkan bibit ke polybag ataupun pot yang telah di isi dengan adonan tanah, sekam padi dan pupuk kandang, atau sanggup juga pribadi ditanam pada tanah asal tanah telah dikondisikan dengan baik. Lalu lakukan penyiranam 2 x sehari pada pagi dan sore hari dan pada ekspresi dominan hujan lakukan penyiraman cukup sekali saja. Setelah tumbuhan mempunyai tinggi sekitar 20 cm bibit pucuk merah sanggup dipindahkan ada daerah atau lahan yang lebih besar ibarat pekarangan atau pot dengan ukuran yang besar.



b.Stek Batang

Menanam pucuk merah dengan cara stek, anda harus menentukan batang dengan kualitas baik. Pilihlah batang cabang tumbuhan yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Setelah batang cabang yang akan di stek sudah dipilih selanjutnya potong batang cabang dengan panjang sekitar 20 cm sampai 30 cm diukur dari ujung daun, kemudian tanam batang cabang pada polybag yang telah diisi dengan adonan tanah, sekam padi dan pupuk kandang. Pindah polybag pada daerah yang teduh, lakukan penyiraman secara teratur 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.


B. Perawatan Tanaman Hias Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah termasuk tumbuhan yang sanggup tumbuh cukup besar kalau di tanam dengan memakai pot dirasa kurang memungkinkan. Tapi, kalau tidak ada lahan tanam pot barulah sanggup dijadikan alternatif. Jika ditanam berjajar pada lahan pekarangan rumah beri jarak sekitar 50 sampai 150 cm. Berikut yaitu perawatan lain yang perlu dilakukan:

1. Pemotesan dan Pemangkasan

Untuk mendapatka pucuk yang tetap indah dan tetap menghasilkan pucuk merah gres perlu dilakukan pemotesan daun-daun yang sudah renta secara terpola yaitu minimal 2 ahad sekali.

Untuk mendapat tajuk yang indah perlu dilakukan pemangkasan secara rutin yaitu 2 atau 3 bulan sekali.


2. Penyiraman dan Pemupukan

Lakukan Penyiraman secara rutin yaitu 2 x sehari pada pagi dan sore hari supaya terjaga kesuburan dan pertumbuhan pucuk. Selain itu lakukan pemupukan secara terpola yaitu minimal setiap 2 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Tips Dan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Pucuk Merah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Tips Dan Cara Menanam Serta Merawat Tanaman Pucuk Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel