Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal Hemat Dan Mudah Bagi Pemula

Cara Dan Tips Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal Hemat Dan Mudah Bagi Pemula


Ikan Patin ialah sekelompok ikan berkumis atau Siluriformes yang termasuk dalam genus Pangasius dan famili Pangasiidae. Nama “Patin” juga diberikan pada salah satu anggotanya yaitu P. nasutus. Kelompok binatang ini mempunyai banyak nilai ekonomi, menyerupai patin dan patin siam (P. hypophthalmus synonim. P. sutchi, atau beberapa menyebutnya jambal siam). Beberapa anggotanya hidup di Sungai Mekong dan diketahui mempunyai ukuran sangat besar sampai mencapai panjang dua meter lebih.


Ikan patin banyak digemari masyarakat alasannya ialah rasanya yang enak dan sanggup diolah menjadi banyak sekali olahan makanan menyerupai gulai, pindang, digoreng atau olahan yang lainnya. Kini banyak orang yang berusaha membudidayakan ikan patin ini. Berikut adalah Cara Budidaya ikan Patin dalm bak terpal:


Dalam melaksanakan budidaya ikan patin di bak terpal, anda harus memperhatikan lokasi yang akan anda gunakan untuk menciptakan bak terpal budidaya, ada 4 jenis bak terpal yang sanggup anda gunakan untuk budidaya antara lain bak terpal keseluruhan, bak tanah yang dilapisi terpal, bak terpal instan dan bak tembok yang dilapisi terpal yang sanggup anda pilih dan diubahsuaikan dengan luas lahan yang anda miliki. Sembari menyiapkan bak terpal siapkan pula alat pendukung lainnya menyerupai blower, paralon atau selang, pompa air, bejana dan penjaring (untuk memanen ikan patin nantinya).


Kolam terpal yang sudah jadi selanjutnya diisi dengan air jangan penuh tapi isi setinggi sekitar 20 cm dahulu pada hari pertama, kemudian lakukan penambahan air pada hari-hari berikutnya sampai 5 hari. jadi tidak sembarangan.


Pembesaran ikan ini pada bak terpal pada awal penyebaran bibit, anda harus memberi pakan bibit dengan cacing sutera atau kutu air terlebih dahulu, tapi pakan ikan patin tersebut harus diletakkan pada tabung desinfektan dahulu. Pada tahapan ini untuk menciptakan ikan patin menjadi benih dilakukan selama sekitar 20 hari, jikalau benih ikan patin telah mempunyai panjang sekitar 1 inci, benih sanggup dibudidayakan dengan menggunkan bak terpal yang sesungguhnya. Walau memang melaksanakan pembenihan sendiri lebih irit namun jikalau anda tidak ingin repot melaksanakan pembenihan sendiri anda sanggup membeli benih pada penjual benih ikan.


Dalam melaksanakan budidaya ikan patin dalam bak terpal anda harus rutin melaksanakan pergantian air secara rutin jikalau air sudah terlihat terlalu kotor, semoga bak tetap higienis dan ikan sanggup hidup dengan baik, lakukan proteksi pakan secara rutin dengan pakan berupa pelet yang sanggup anda beli di toko ikan. Untuk pemanenan sanggup dilakukan pada ketika umur patin telah mencapai 4 bulan atau dengan berat 0,5 sampai 1 kilogram alasannya ialah pada ukuran itu ialah ukuran ideal untuk patin konsumsi, tapi sanggup juga jikalau anda ingin melaksanakan pemanenan sebelum umur patin 4 bulan dengan syarat pilihlah patinh yang telah mempunyai berat yang cukup untuk ukuran ikan konsumsi.

Umumnya, ikan patin gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan gres dengan pH umum, jadi budidaya ikan patin dalam bak terpal ini tergolng gampang dan sanggup dijadikan peluang bisnis jikalau anda merawat ikan dengan baik dan benar.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal Hemat Dan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal Hemat Dan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel