Cara Budidaya Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Mudah

Tabulapot Mangga Atau Tanam Buah Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Mudah 


Mangga (Mangifera indica) atau Mempelam yaitu nama sejenis buah dan sekaligus nama pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae. Buah mangga termasuk kedalam kelompok buah watu yang berdaging dengan mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada spesiesnya, mulai dari bulat, bundar telur hingga lonjong memanjang Panjang buah berkisar antara 2,5–30 cm. Kulit buah mengga agak tebal berbintik kelenjar berwarna hijau, kekuningan atau kemerahan ketika masak. Daging buah kalau masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis hingga masam dengan banyak air dan berbau berpengaruh hingga lemah.

Kini banyak orang yang menanam mangga, meski tidak mempunyai lahan yang luas anda tetap sanggup menanam mangga dengan cara mudah yaitu memakai pot, Berikut yaitu cara menanam mangga dalam pot:


a. Pemilihan Bibit Dan Varietas

Perhatikan varietas dalam menentukan bibit, carilah varietas bibit mangga yang mudah berbuah dan pilihlah bibit hasil cangkokan atau okulasi biar lebih cepat berbuah dan jangan plih bibit yang berasal dari biji alasannya yaitu akan usang berbuah.

Hampir semua varietas mangga sanggup ditanam dalam pot. Namun setiap varietas mempunyai perbedaan dalam kecepatan masa berbuahnya, bentuk tajuknya, produksi buahnya, dan tingkat kesulitannya. Disarankan plih varietas yang mudah berbuah, produktif, bertajuk kompak dan mudah dalam perawatan, contohnya magga apel, manalagi kecil, dan nangklawang sanggup dibuahkan semenjak berumur 2,5 tahun dan jumlah buahnya relatif banyak. Sedangkan mangga arum manis, gedong gincu dan golek gres sanggup dibuahkan sehabis tumbuhan buah berumur sekitar 3 sam 4 tahun sehabis okulasi dan jumlah buahnya relatif sedikit.


b. Persiapan Pot untuk Menanam

Pot yang dipakai untuk menanam mangga bisanyanya pot yang terbuat dari semen, kayu, plastik tahan pecah atau juga drum. Pilihlah pot yang ukurannya sesuai dengan tinggi tumbuhan buah mangga contohnya kalau tinggi tumbuhan buah sekitar 1,5 maka gunakan pot yang mempunyai diameter sekitar 60 cm. Pot yang dipakai harus mempunyai lubang di bab bawah atau dasarnya berukuran sekitar 1 atau 2 cm dengan jumlah sekitar 4 hingga 6 buah lubang biar pembuangan kelebihan air lancar dan usahakan pot mempunyai kaki, kalau tidak sanggup diakali dengan mengganjalnya dengan watu bata atau yang lainnya.


c. Media Tanam

Buatlah media tanam untuk menanam buah mangga dari adonan antara tanah, pupuk sangkar atau pupuk kompos dan juga arang sekam padi dengan perbandingan sekitar 2:1:1. Karena tumbuhan buah mangga menyukai media tanam yang mempunyai struktur remah, gembur dan juga kaya akan unsur hara.


d. Penanaman Tanaman Mangga dalam Pot

Setelah bibit, pot dan media tanam, selanjutnya lakukan penanaman. Pertama isi bab dasar pot dengan serutan gergaji tau serpihan genteng atau watu bata sekitar 5-10 cm. Kemudian masukan media tanam hingga setengah bab pot, kemudian masukkan bibit dalam pot sempurna di bab tengah kemudian timbun kembali dengan media tanam tapi jangan terlalu penuh. Dalam penanaman usahalan bekas dari sambungan atau okulasi tumbuhan masih terlihat sekitar 10-15 cm diatas permukaan media tanam. Setelah penanaman tamat lakukan penyiraman.


e. Perawatan Tanaman



  1. Penyiraman

    Lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari yaitu pagi hari dan sore hari, penyiraman jangan terlalu banyak atau berlebihan alasannya yaitu sanggup mengakibatkan media tanam keluar dari pot.

  2. Pemupukan

    lakukan pemupukan dengan memakai pupuk organik atau pupuk anorganik. Pupuk orgaik biasanya yaitu pupuk sangkar atau pupuk kompos sedangkan pupuk anorganik biasanya yaitu Urea dan NPK. Pemberian pupuk biasanya ditabur kemudian disiram.

  3. Pembasmian Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

    Hama yang sering menyerang tumbuhan mangga antara lain, kutu, ulat, hewan penggerek, lalat dan juga bisul. Jika tumbuhan mangga terjangkit hama penyakit tersebut maka lakukan pembasmian atau penanggulangan dengan menyemprotkan insektisida secara sempurna dan sesuai dosis.


f. Pemanenan

Masa berbuah tumbuhan mangga berbeda-beda, kalau tumbuhan tersebut yaitu tumbuhan hasil cangkok maka sanggup mulai berbuah sehabis berumur 4 tahun, tumbuhan okulasi sanggup berbuah sehabis 5-6 tahun. Pada masa panen pertama mungkin hanya menghasilkan sedikit buah yaitu sekitar 10 hingga 15 buah. Jika sudah memasuki tahun kesepuluh mangga yang sanggup dihasilkan sanggup mencapai 300 hingga 500 buah/pohon. Tabulapot atau tanam buah dalam pot untuk mangga memanng termasuk langsung arena pembuahan buah relatif sulit.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Mudah “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel