Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan 4 Langkah Mudah

Panduan Lengkap Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan 4 Langkah Mudah


Apel atau Malus domestica yakni salah satu jenis buah yang berasal dari genus Malus dan masuk dalam famili Rosaceae. Buah apel mempunyai buah dengan kulit berwarna merah, hijau atau kuning dan daging buahnya berwarna putih agak keras kadang juga ada yang masir. Apel pertama kali ditanam oleh orang Asia Tengah. Apel biasanya dimakan mentah-mentah tanpa diolah, kadang juga apel diolah menjadi minuman sari apel, saus apel, cuka apel,keripik apel dan masih banyak lagi lainnya.

Apel banyak digemari oleh banyak orang, jikalau anda ingin menanam buah tersebut sendiri dirumah tidak ada salahnya. Biasanya melaksanakan penanaman apel memakai stek batang, bibit okulasi atau juga cangkok. alasannya sulitnya mencari bibit ape, anda sanggup melaksanakan penaman memakai biji. Berikut yakni panduan lengkap cara menanam Apel dari biji:


a. Mengatur Suhu Dingin untuk Membuat biji berkecambah

Langkah pertama untuk menanam apel dari biji yakni dengan melaksanakan penyemaian sampai biji bertunas. Untuk hal itu memang sangatlah membutuhkan perhatian penuh yaitu salah satunya memanipulasi suhu ruangan media tanam kartena pohon apel akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang mempunyai suhu dingin.

Kumpulkan 2 jenis biji apel, hal ini dimaksudkan alasannya pohon apel tidak sanggup melaksanakan penyerbukan sendiri dikala susah memasuki masa berbuah jikalau anda menanam 1 jenis apel saja.


Pisahkan dahulu biji apel dari daging buah lalu jemur semoga kulit luar biji tidak lembab. Proses selanjutnya yaitu dengan memasukkan biji apel yang sudah kering kedalam tissue atau kain. Tissue atau kain itu dipakai sebagai media semai yang lalu diletakkan dalam wadah dan ditutup rapat. Selain tissue anda juga sanggup memakai tanah gambut untuk media semainya. Setelah ditutup rapat masukan wadah semai tersebut ke dalam lemari es, tahap ini disebut juga dengan tahap after ripening yaitu mengkondisikan biji apel seolah dalam isu terkini dingin. Atur suhu tetap sekitar 40-42 derajat farenheit. Setelah sekitar 8 ahad maka biji apel mulai tumbuh tunas dan akar.


b. Memindahkan Tunas apel ke pot atau polybag

Biji yang telah bertunas dan berakar selanjutnya di pindah ke pot atau polybag. namun sebelumnya isi pot atau polybag tersebut diisi dengan media tanam berupa tanah gambut yang dicampur pupuk kandang+tanah dengan perbandingan 2:1. Setelah dilakukan penanaman letakkan pot atau polybag tersebut pada kawasan bersuhu kamar tetapi usahakan tetap mendapat sinar matahari. Lakukan penyiraman secara rutin sampai tunas mempunyai daun. Proses tersebut akan membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu.


c. Pemindahan Ke Lahan Tanam Sesungguhnya

Setelah tumbuhan apel telah mempunyai 5-7 helai daun maka pindahkan ke media tanam yang sesungguhnya. Lakukan pengolahan terlebih dahulu pada lahan tanam yang akan dipakai untuk menanam apel yaitu dengan mencangkuli tanah sampai gembur lalu diberi pupuk. sehabis itu barulah pindahkan tumbuhan padalahan tanam, tanam dengan hati-hati, lalu pasang mulsa sanggup memakai serbuk gergaji,jerami atau batang gandum kering semoga tanah disekitar tumbuhan apel tetap lembab.


d. Memelihara Tanaman Apel

Lakukanlah penyiraman secara rutin apalagi pada isu terkini keringa atau kemarau. Lakukan pemupukan pula 4 bulan sekali dengan memakai jenis pupuk NPK dengan takaran seperempat kg. Setelah berumur sekitar 6-8 tahun pohon akan mulai berbuah.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan 4 Langkah Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Apel Dari Biji Dengan 4 Langkah Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel