Cara Menanam Belimbing Dalam Sebuah Pot Dengan Mudah Dan Cepat Berbuah

Cara Menanam Dan Merawat Tabulampot Belimbing Dalam Sebuah Pot Dengan Mudah Dan Cepat Berbuah


Belimbing (Averrhoa carambola) atau Star fruit ialah salah satu tumbuhan buah yang mempunyai bentuk khas. Tanaman ini berasal dari Sri Langka, India dan Indonesia. Namun sekarang penyebarannya sudah sangat luas yaitu hampir di seluruh penjuru dunia. Belimbing ialah salah satu tumbuhan buah tropis, pohon buah belimbing mempunyai ketinggian sekitar 5 meter dengan banyak cabang. Daunnya beragam dan mempunyai panjang sekitar 50 cm, bunga pada tumbuhan belimbing mempunyai warna merah muda. Buah pada tumbuhan belimbing mengandung banyak air, mempunyai warna kehijauan dan ada yang kuning, apabila buah di potong maka akan terlihat penampang melintangnya menyerupai bentuk bintang. Rasa buahnya anggun dengan sedikit asam, biji pada buah berwarna hitam atau coklat. Terdapat banyak sekali jenis belimbing yang sanggup anda baca selengkapnya di Belimbing – Penjelasan, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Manfaat Serta Jenis- Jenis Belimbing


Bagi anda yang ingin menanam buah belimbing tetapi tidak mempunyai lahan tanam, jangan khawatir kami akan menawarkan tips untuk menanam belimbing dengan simpel yaitu dengan memakai pot. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasnnya berikut ini.

Menanam buah dalam pot atau tabulampot buah belimbing tidak begitu sulit, berikut ialah caranya:


a. Bibit

Pilihlah bibit belimbing yang unggul dan berkualitas semoga buah yang dihasilkan berkualitas pula. Pilihlah bibit belimbing yang telah berumur sekitar 1 tahun dengan kondisi bibit baik yaitu daunnya segar dan tidak layu serta terbebas dari hama dan penyakit.


b. Pot Untuk Menanam Belimbing

Pot yang dipakai untuk menanam belimbing sebaiknya mempunyai ukuran yang cukup besar atau sanggup menggunakn drum bekas yang telah dipotong dengan beliau meter 30cm-60cm dengan sekitar 30cm-40cm.


c. Media Tanam Belimbing

Media tanam untuk menanam belimbing dalam pot sebainya pilih media tanam yang ringan, mempunyai daya serap air yang baik, bebas dari penyakit, gembur serta porous. Media tanam yang dipakai untuk menanam belimbing dalam pot biasanya ialah adonan antara tanah, pasir dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau sanggup juga dengan adonan tanah, arang sekam padi dan juga humus bambu dengan perbandingan 1 : 1 : 1 pula.


d. Penanaman Belimbing Dalam Pot

Setelah bibit, pot serta media tanam siap maka lakukan penanaman segera. Pertama, masukkan potongan genting atau kerikil bata pada bab dasar pot. Kemudian gres masukkan media tanam yang telah disiapkan sampai setengah bab pot, tanam bibit belimbing dalam pot (jika bibit berada dalam polybag maka lepaskan polybag terlebih dahulu) Jika ada akar bibit yang berlebih maka lakukan pemotongan terhadap akar tersebut. Tanam bibit belimbing di tengah pot dalam posisi tegak, selanjutnya timbun kembali dengan media tanam tapi jangan terlalu penuh dan padatkan. Siram dan letakkan pot ada daerah teduh sampai berumur sekitar 4 ahad sampai 6 ahad semoga beradaptasi, sehabis itu pot sanggup dipindahkan pada daerah yang terbuka dan mendapat sinar matahari secara langsung.


e. Perawatan Tanaman Belimbing

Penyiraman

Jika penyiraman dilakukan dengan memakai air PAM maka sebaiknya diendapkan dahulu, alasannya ialah dalam air PAM mengandung kaporit atau unsur kimia lain yang dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan belimbing.


Pemangkasan

Dalam melaksanakan tabulampot belimbing yang anda tanam disarankan semoga hanya mempunyai satu batang utama, 3 batang cabang primer dan 9 batang cabang sekunder, bila lebih maka lakukan pemangkasan.


Pemupukan

Pada awal penanaman, lakukan pemupukan 2 bulan sekali dengan memakai pupuk urea cair dengan takaran 2 gram/2 liter air untuk per tanaman. Apabila tanamn belimbing telah berumur sekitar 5 bulan maka pemupukan sanggup di tambah dengan pupuk NPK dengan takaran 25gram/pot.


Penggantian Pot

Jika akar tumbuhan belimbing akarnya sudah mulai muncul ke permukaan maka perlu dilakukan penggantian pot dengan ukuran yang lebih besar.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Belimbing Dalam Sebuah Pot Dengan Mudah Dan Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Belimbing Dalam Sebuah Pot Dengan Mudah Dan Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel