15 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Serta Manfaat dan Khasiat Daun Seledri  Untuk Kesehatan Tubuh


Seledri (Apium graveolens) ialah sayuran daun dan tanaman obat yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan. Tumbuhan ini di Indonesia diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan dipakai daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap ialah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan sedangkan beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bab tangkai daun sebagai materi makanan. Selain itu ternyata seledri mempunyai kandungan gizi serta manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ialah kandungan gizi seledri serta manfaatnya:


Kandungan Gizi Seledri/100 g

Kalori (kcal) 16

Jumlah Lemak 0,2 g

Lemak jenuh 0 g

Lemak tak jenuh ganda 0,1 g

Natrium 80 mg

Kalium 260 mg

Jumlah Karbohidrat 3 g

Serat pangan 1,6 g

Gula 1,8 g

Protein 0,7 g

Vitamin A 449 IU

Vitamin C 3,1 mg

Kalsium 40 mg

Zat besi 0,2 mg

Vitamin B6 0,1 mg

Magnesium 11 mg



Dari kandungan tersebut, seledri memiliki manfaat yang cukup baik untuk tubuh diantaranya:



  • Dapat membantu mengobati reumatik

    Penyakit Reumatik terjadi alasannya ialah adanya penumpukan asam urat yang kemudian mengkristal dalam tubuh. penyakit reumatik sanggup menjadikan kita terkena kelumpuhan. Mengkonsumsi daun seledri setiap hari secara mentah atau dijadikan lalapan sanggup membantu mengurangi atau mengobati penyakit reumatik tersebut.

  • Dapat membantu mencegah penuaan dini

  • Dapat membantu mengobati mata kering

    Caranya: Tumbuk sepertiga genggam daun seledri, daun bayam dan daun kelor yang sudah dicuci higienis sampai halus, Kemudian tambahkan garam dapur dan 1/3 gelas air matang, aduk kemudian peras atau saring untuk diambil airnya. sesudah disaring atau diperas minum ramuan tersebut (3x sehari).

  • Dapat membantu menenangkan saraf

  • Dapat membantu mengobati Anemia

    Anemia atau kekurangan darah sanggup menjadikan kita lemah, letih, lunglai, lesu dalam melaksanakan segala hal. Untuk hal itu seledri sanggup membbantu mengatasi atau mengobati dilema tersebut. Caranya: Buatlah jus seledri yang dicampur dengan air madu dan nanas. Minumlah jus tersebut secara rutin biar sanggup mengurangi anemia.

  • Dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun

  • Dapat Membantu menurunkan kadar Kolesterol dalam darah

    Caranya: Rebus daun seledri yang telah dipotong bernafsu dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minumlah sesudah dingin, usahakan rutin meminum ramuan ini biar kolesterol dalam darh cepat turun.

  • Dapat Mencegah terjangkit penyakit asma

  • Dapat membantu mengobati Batuk

    Caranya: rebus daun seledri yang telah dicuci higienis dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyusut. Kemudian saring ramuan tersebut dan tambahkan madu secukupnya kemudian minum secara rutin 2 kali sehari sampai batuk sembuh.

  • Dapat mencegah Sembelit

  • Dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

    Caranya: Rebus Tumbuk halus 100 gram daun seledri dalam sekitar 100 ml air, sesudah itu minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari biar tekanan darah cepat turun dan normal.

  • Dapat menurunkan berat tubuh yang berlebih atau Obesitas

    Menurunkan berat tubuh sanggup dilakukan dengan meminum jus daun seledri secara rutin sebelum makan.

  • Dan lainnya


Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh“, semoga bermanfaat dan jangan luupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel