Cara Menanam Dan Budidaya Pohon Cendana Yang Berkualitas Tinggi

Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Budidaya Pohon Cendana Yang Berkualitas Tinggi


Cendana atau Cendana Wangi yakni salah satu jenis pohon penghasil kayu. Kayu cendana tersebut dipakai sebagai aroma terapi, gabungan parfum, sangkur keris atau warangka, materi dupa juga sebagai rempah-rempah.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Santalales

Famili: Santalaceae

Genus: Santalum

Spesies: Santalum album


Kayu Cendana atau Cendana anyir ini sekarang sudah sangat langka dan sangat mahal harganya. Kaprikornus menanam cendana atau membudidayakannya sanggup menjadi prosprk perjuangan yang menjanjikan. Berikut yakni cara Budidaya atau Menanam Cendana:


a. Syarat Tumbuh

Secara umum, Cendana sanggup tumbuh di kawasan dengan ketinggian sekitar 0-12.000 mdpl dengan curah hujan sekitar 600-2000 mm/tahun dan suhu sekitar 10°C-35°C. Tanah yang baik untuk menanam cendana yakni tanah humus, tanah vulkanis gembur dan berbatu atau juga tanah tanah lempung, dangkal, berbatu, mempunyai kadar nitrogen tinggi. Ph yang baik untuk menanamcendana yakni pH netral sampai alkali.


b. Pemilihan Bibit Cendana

Bibit diperoleh dari biji, pilihlah biji benih yang berkualitas baik supaya cendana yang dihasilkan juga berkualitas. Untuk menentukan biji yang baik, rendam dahulu biji dalam air selama sekitar 48 jam atau 2 hari. Ambillah biji yang karam saja dan buang biji yang mengapung sebab biji yang mengapung berarti mempunyai kualitas yang kurang baik.


c. Penyemaian

setelah menentukan biji benih selanjutnya lakukan penyemaian. Pertama, siapkan dahulu lahan semai dari tanah hitam, kemudian taburkan atau semai biji benih diatas tanah lahan tanam kemudian tutup kembali cuilan atas biji dengan tanah hitam tapi jangan menutupi seluruh cuilan biji.. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari supaya biji cepat berkecambah. Setelah berkecambah pindahkan ke polybag segera, jikalau telah mempunyai tinggi sekitar 15 cm pindahkan bibit pada lahan tanam sesungguhnya.


d. Penanaman Cendana

Pilihlah lahan tanam yang mempunyai cukup air. Setelah lahan tanam telah dipilih maka bersihkan gulma atau tumbuhan pengganggu yang ada di lahan bila perlu babat pohon yang menghalangi sinar matahari untuk cendana. Lalu lakukan penggemburan. Buatlah lubbang tanam dengan ukuran 40cmx40cmx50cm dan jarak antar lubang tanam minimal sekitar 2,5 meter. Bila lubang tanam telah jadi, masukkan pupuk organik atau pupuk sangkar setinggi 10 cm, barulah tanam bibit dalam lubang dan timbun kembali dengan tanah. sisakan 5 cm untuk menampung air penyiraman supaya tidak melebar keluar. Setelah bibit ditanam, beri penanda dengan menancapkan ajir. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.


e. Perawatan Tanaman



  1. Penyiraman

    Lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Jangan terlalu banyak memberi air sebab cendana tidak membutuhkan banyak air, Cukup siram sebanyak 3-4 gelas atau 800 cc air.

  2. Penyiangan

    Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya sebanyak 2 kali dalam setahun atau menyesuaikan frekuensi gulma yang ada.

  3. Pemupukan

    Pada awal penanaman lakukan pemupukan dengan pupukn sangkar yang dicampur dengan pupuk urea dengan takaran 500 gram pupuk sangkar dan 5 gram pupuk urea / tanaman. Lakukan pemupukan sebanyak 2 kali yaitu pada awal animo hujan dan final animo hujan, cara sumbangan pupuk yaitu dengan cara menciptakan lubang melingkari tumbuhan dengan kedalaman sekitar 35 cm kemudian masukan pupuk dalam lubang dan timbun dengan tanah kembali sampai padat.

  4. Pemangkasan

    Lakukan pemangkasan pada cabang yang tumbuh berlebih atau sudah tua, tujuannya supaya cendana sanggup meningkatkan kualitas batang serta tumbuhan inang tidak mengganggu pertumbuhan cendana serta untuk memacu pertumbuhan tunas baru.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Budidaya Pohon Cendana Yang Berkualitas Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Dan Budidaya Pohon Cendana Yang Berkualitas Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel