Cara Menanam Melon Di Polybag Atau Pot Agar Cepat Berbuah

Panduan Cara Sukses Budidaya Atau Menanam Melon Dalam Polybag/Pot Agar Cepat Berbuah 


Melon atau dalam bahasa latin Cucumis melo yaitu sejenis tumbuhan buah yang termasuk dalam suku Cucurbitaceae atau suku labu-labuan. Melon merupakan tumbuhan semusim, melon mempunyai bentuk daun menjari. Tumbuhan melon tumbuh merambat, Buah melon mempunyai tipe pepo dengan bab yang dimakan yaitu daging buah atau mesokarp tebal, berair,memiliki tekstur lunak, rasanya manis dan kadang beraroma harum, serta daging buahnya mempunyai warna putih hingga merah.

Jika anda ingin menanam melon tetapi anda tidak mempunyai lahan yang luas, jangan khawatir kami akan memberi tahu cara menanam melon mudah tanpa membutuhkan lahan yang luas yaitu dengan menanam melon memakai polybag atau pot. Berikut adalah Cara menanam Melon Dalam Pot atau Polybag :


a. Media Tanam

Media tanam untuk menanam melon yaitu tanah yang gembur dengan kandungan unsur hara yang melimpah. Biasanya media tanam dibentuk dari adonan tanah dengan pupuk kandang, arang sekam padi dan sekam mentah dengan perbandingan 3:2:1:1.


b. Pot Atau polybag Tanam

Siapkanlah pot atau polybag yang mempunyai diameter minimal sekitar 40 cm, alasannya melon mempunyai sistem perakaran yang banyak dan panjang.


c. Pembibitan Dan Persemaian Bibit

Benih sanggup didapatkan dengan cara membeli di toko pertanian. Setelah benih diperoleh maka sebelum disemai, benih direndan dahulu dalam air hangat selama sekitar 2 jam, sehabis itu tiriskan kemudian sdimpan memakai koran yang sudah dibasahi. Selanjutnya masukan koran yang berisi benih dalam kantong plastik hitam dan simpan pada kawasan gelap serta hangat selama sekitar 24 jam. Jika benih telah berkecambah selanjutnya masukkan benih kedalam polybag atau pot semai yang sudah diisi dengan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 3:1 dengan hati-hati jangan hingga rusak ataupun patah. Setelah berumur seminggu bibit melon siap dipindahkan pada pot atau polytbag tanam.


d. Penanaman Bibit Melon Dalam Pot atau Polybag

Setelah pot/polybag, media tanam, dan bibit telah siap, maka selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam pada pot atau polybag kemudian tanam bibit pada lubang tersebut. Pada setiap pot/polybag ditanami 1 bibit saja. Selanjutnya supaya tumbuhan melon tidak stres atau layu lakukan penyiraman pada media tanam secukupnya,lalu letakkan pot atau polybag tersebut pada kawasan yang terkena sinar matahari langsung. Sebaiknya penanaman dilakukan pada sore hari.


e. Perawatan Tanaman Melon


1. Pemasangan ajir

Ajir atau lanjaran sebaiknya dipasang sehabis penanaman atau sebelum penanaman. Anjir tersebut dipasang sanggup ditancapkan pada media tanam pada pot atau juga sanggup di pasang di luar pot.


2. Penyiraman

Penyiraman dilakukan seperlunya jangan berlebih.


3. Penyiangan

Lakukan penyiangan pada rumput atau gulma yang tumbuh disekitar media tanam supaya nutrisi yang diharapkan tumbuhan tidak direbut oleh gulma tersebut.


4. Pemangkasan dan Pemilihan Buah

Agar tumbuhan melon sanggup menghasilkan buah berukuranmaksimal maka perlu dilakukan pemangkasan. Lakukan pemangkasan pada cabang ataupun tunas pertama hingga keenam serta dau-daun yang terjangkit penyakit dan daun yang menguning. Pelihara calon buah yang berada pada canbang atau tunas ke 7 hingga 12. Pilihlah calon buah yang mempunyai bentuk serrta ukuran yang anggun dan yang lain sanggup dibuang. Dalam 1 tumbuhan melon dalam pot sanggup dipelihara 2 hingga 3 buah tergantung kondisi dari tumbuhan melon tersebut.


5. Pemupukan Susulan

Pemupukan dilakukan dengan pupuk NPK 16:16:16 dan juga KNO3 dengan cara ditabur. Pemupukan sususlan ini dilakukan beberapa kali yaitu:

I : Pada ketika tumbuhan berumur 14 hari sehabis tanam dengan 10 gram NPK/Tanaman Melon.

II: Pada ketika tumbuhan berumur 24 hari sehabis tanam dengan 10 gram NPK/Tanaman Melon.

III:Pada ketika tumbuhan berumur 34 hari sehabis tanam dengan 10 gram NPK/Tanaman Melon.

IV: Pada ketika tumbuhan berumur 44 hari sehabis tanam dengan 10 gram NPK/Tanaman Melon.

V: Pada ketika tumbuhan berumur 54 hari sehabis tanam dengan 5 gram KNO3/Tanaman Melon.


Untuk memnuhi kebutuhan unsur hara mikro tumbuhan perlu diberikan pupuk daun dengan cara disemprot setiap seminggu sekali.


f. Pemanenan Melon

Melon sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 3 bulan atau 90 hari sehabis tanam. Buah melon yang sudah siap tanam mempunyai ciri-ciri : Serat jala pada kulit buah sudah terlihat terang dan kasar, sudah mempunyai aroma khas melon, terdapat retakan kecil pada kulit buah sekitar tangkai, serta kulit buahnya hijau kekuningan dan daun tumbuhan melon mengering.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Melon Di Polybag Atau Pot Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Melon Di Polybag Atau Pot Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel