Pisang Kepok Gerecek Dari Kabupaten Kutai Timur

 Kalimantan Timur menyimpan sumber plasma nutfah pisang kepok yang istimewa Pisang Kepok Gerecek Dari Kabupaten Kutai TimurKabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur menyimpan sumber plasma nutfah pisang kepok yang istimewa. Dialah pisang kepok gerecek. Jenis pisang kepok hijau yang bermakna anggun tersebut berpenampilan memikat. Ukuran buah sepanjang 15-16 cm serta lebar 1,5-2 cm tampak merata pada setiap sisir.


Pisang kepok gerecek yang pertamakali ditangkarkan oleh Muhammad Nawir di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur itu sanggup dipetik semenjak umur 8-10 bulan pascatanam dari anakan. Jumlah buah dari pohon yang sanggup setinggi 4-5 meter itu mencapai 16-18 buah per sisir dan jumlah sisir per tandan sekitar 9-12 sisir.


Keunggulan lain pisang kepok gerecek yaitu citarasa manis legit. Harap mafhum derajat kemanisan pisang kepok yang berdaging buah putih kekuningan tersebut mencapai 20 briks. Derajat kemanisan itu bahkan nyaris setara lengkeng itoh.


Saat ini pisang kepok gerecek yang memiliki rumpun induk berumur sekitar 5 tahun (Nomor regitrasi induk 22/A.Pi.Gc.2014/KTM/0/972/05/2014) sudah meluas penanamannya di Kabupaten Kutai Timur. Populasi flora mencapai 400 pohon/ha dengan total produksi mencapai 400-600 tandan atau setara 10-16 ton buah segar.


Belum ada Komentar untuk "Pisang Kepok Gerecek Dari Kabupaten Kutai Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel