Cara Menanam Budidaya Bunga Cempaka (Magnolia champaca) Yang Bernilai ekonomis Tinggi Dengan Mudah

Cara Menanam Budidaya Bunga Cempaka (Magnolia champaca) Yang Bernilai irit Tinggi Dengan MudahBunga Cempaka (Magnolia champaca) atau yang lebih dikenal dengan nama bunga kantil. Tanaman bunga kantil di Indonesia merupakan salah satu tumbuhan hias mahal yang sanggup tumbuh diseluruh pulau jawa khususnya Jawa tengah. Bunga kantil mempunyai bacin yang harum, biasanya bunga kantil dipakai dalam aneka macam program yang bersifat ritual, magis, religius ataupun untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.


Tanaman kantil ini sekarang banyak dibudidayakan secara komersial. Bibit bunga kantil sanggup diperoleh dari biji bunga kantil ataupun dengan cara mencangkok atau stek bunga katil atau cempaka. Menanam atau Budidaya bunga kantil sanggup dilakukan dalam pot ataupun dilahan pekarangan. Berikut ialah cara budidaya bunga cempaka atau bunga kantil :


Penanaman Bunga Kantil


Menanam Bunga Kantil Dalam Pot

Pot yang telah disiapkan diisi dengan tanah, pasir dan lalu pupuk sangkar matang dengan perbandingan 1:1:1. Pengisian media tanam dalam pot secukupnya saja biar tidak tumpah ketika bibit bunga kantil akan ditanam, kira – kira sisakan setinggi 15 cm. Sabut pembungkus bibit baik itu cangkokan atau polybag stek dilepas dengan hati-hati biar tidak merusak perakaran bibit.


Jika sudah ditanam, letakkan pot tersebut sementara pada kawasan yang teduh. Lakukan pergantian 1/3 media tanam setiap tahun.


Menanam Bunga Kantik Di Lahan Pekarangan Rumah

Pada pekarangan, buatlah lubangtanam dengan ukuran sekitar 50 cm x 50 cm x 50 cm, selanjutnya setiap lubang tanam ditanami satu tanaman. Setelah penanaman, lakukan penyiraman secukupnya dan bab pinggir sanggup anda beri pagar.


Perawatan Bunga Cempaka/ Bunga Kantil


1. Penyiraman

Pada tumbuhan bunga kantil yang masih muda perlu perawatan yang intensif berupa penyiraman yang dilakukan secara teratur terutama pada demam isu kemarau, sedangkan apabila tumbuhan sudah sampaumur penyiraman dilakukan seperlunya saja.


2. Pemupukan

Waktu pemupukan yang sempurna yaitu pada awal demam isu hujan dan menjelang demam isu kemarau, untuk ajaran dalam pinjaman pupuk yaitu : untuk hama, penyakit atau parasit. Kelompok hama yang menyerang tumbuhan bunga kantil ialah pada buah atau penggerek buah dikenal dengan hama dari jenis ulat batik (phyllocnites sp), aktivis daun (leaf blotch miners) adalah sejenis ulat daun (papilo memron), kumbang, walang sangit (leptocorisa acuta), semut dan kutu dan juga aneka macam penyakit lain yang ditandai dengan adanya bercak coklat disertai tumbuhnya banyak parasit  atau benalu.


Pemanenan Bunga Kantil/Cempaka


Tanaman kantil yang telah berumur sekitar 1 tahun bunganya sudah sanggup dipanen. Cara pemanenan bunga kantil ini yaitu dengan cara memetik bunga dengan tangan atau sanggup pula dengan memakai galah. Pemetikan diubahsuaikan dengan keadaan pasar atau usul dari pembeli. Pemetikan yang paling baik yaitu pada sore hari.


Pemasaran bunga kantil sanggup dilakukan dengan cara tradisional yaitu denga menjual bunga tersebut dipasar tradisional pasar bunga atau pasar kembang, pasar tumbuhan hias atau sanggup juga menjualnya pada pengumpul bunga kantil.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Bunga Cempaka (Magnolia champaca) Yang Bernilai irit Tinggi Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Bunga Cempaka (Magnolia champaca) Yang Bernilai ekonomis Tinggi Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel