Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Bagi Pemula

Panduan Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Yang Baik Bagi PemulaIkan Nila yaitu salah satu jenis ikan tawar konsumsi. Ikan dengan nama ilmiah Oreochromis niloticus ini mempunyai ukuran sedang dengan panjang total sekitar 30 cm. Tubuh ikan ini mempunyai badan berwarna kehitaman dengan beberapa belang. Bagian sirip, tenggorokan, dan ujung sirip punggung mempunyai warna merah, kemerahan atau kekuningan.


Banyak orang yang menyukai ikan nila  ini untuk diolah menjadi banyak sekali macam olahan masakan menyerupai ikan goreng, atau dijadikan hidangan lainnya yang disajikan dengan lalapan.


Dengan melihat peluang perjuangan yang begitu bagus, sekarang banyak orang mulai membudidayakan ikan nila  ini, alasannya yaitu selain digemari banyak orang,  ikan nila ini sangat gampang berbiak. Ikan nila sanggup dibudidayakan  di banyak sekali jenis bak mulai dari kolam tanah, bak terpal, bak beton atau jenis bak lainnya. Nah, kalau anda tertarik untuk melaksanakan budidaya ikan nila, kalian sanggup menyimak pembahasan kita kali ini yaitu perihal cara budidaya ikan nila di bak Beton, berikut selengkapnya.


Cara Budidaya Ikan Nila Kolam Beton


Persiapan Kolam Budidaya


Kolam beton yang akan dijadikan daerah budidaya ikan nila disiapkan terlebih dahulu. APabila bak yang dipakai yaitu bak lama, maka lakukan pencucian kolam. Jika sudah dibersihkan, bak dikeringkan selanjutnya lakukan pengapuran . Jika pengapuran telah dilakukan, selanjutnya, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk kandang. Lalu isi air dan penyemprotan pestisida. Barulah isikan air setinggi 150 cm dan tutup terusan masuk dan keluar air. Biarkan air tergenang selama kurang lebih 1 minggu.


Penebaran Benih Ikan


Jika bak sudah siap, lakukan penebaran benih ikan nila. Padat tebar ikan nila yaitu 8-12 ekor per meter persegi kolam.


Pemeliharaan Ikan Nila


Lakukan pemeliharaan ikan nila dengan benar. Lakukan derma pakan pada ikan nila secara teratur sesui dengan frekuensi yang telah ditetapkan. Pakan yang diberikan pada ikan nila yaitu dedak, pelet, ampas kelapa dan sisa makanan. Pakan embel-embel juga perlu diberikan. Komposisi pakan yang baik dan dianjurkan untuk ikan nila yakni mengandung 30% protein, 70% lemak dan 63% karbohidrat.


Pemanenan Ikan Nila


Pemanenan ikan nila ini sanggup dilakukan secara sedikit demi sedikit ataupun sekaligus. Untuk pemanenan sekaligus dilakukan dengan cara mengeringkan bak terlebih dahulu kemudian ikan ditangkat memakai jaring kecil atau serokan. Jika anda melaksanakan pemenanan sedikit demi sedikit maka anda harus mengurangi air dalam bak sampai setengah dan barulah di panen.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel