Cara Menanam Bunga Pacar Air Dengan Mudah Bagi Pemula

Cara Menanam Budidaya Bunga Pacar Air Dengan Praktis Bagi Pemula Bunga pacar air (Impatiens balsamina Linn) ialah salah satu jenis bunga yang sanggup tumbuh di aneka macam jenis lahan. Bunga pacar air ini mempunyai daun lancip, tidak terlalu lebar dan bergerigi. Tanaman bunga ini biasanya membentuk kumpulan bunga pada kepingan ketiak yang nantinya akan menjelma buah yang berisi biji untuk berkembang biak. Dilihat sekilas, bentuk buah bunga pacar air ini seolah-olah dengan pepaya namun berkulit tipis dan tidak terdapat daging buah melainkan biji saja. Pacara air ini biasanya dipakai untuk kutek atau pewarna kuku alasannya apabila diusapkan ke kuku, daunnya digosokkan ke kuku maka kuku akan berwarna jingga atau oranye alasannya zat warna daunnya.


Cara Menanam Bunga Pacar Air


Pembibitan Bunga Pacar Air


Bibit bunga pacar air sanggup diperoleh dari biji buahnya. Buah yang akan dijadikan bibit ialah buah yang mulus tanpa cacat fisik dengan ciri buahnya besar, berwarna kuning kehijauan, matang di pohon, belum pecah dan berasal daru pohon yang mempunyai bunga lebat. Buah tersebut kemudian dipetik dan keringkan sampai pecah sendiri. Pilihlah biji yang berwarna cokelat dan buang yang berwarna putih. Jemur lagi sampai biji kering tepat kemudian simpan di daerah yang kering.


Persiapan dan Penanaman Bunga Pacar Air


Pertama, buatlah media tanam berupa adonan arang sekam, tanah berpasir, dan kompos/pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1. Selanjutnya siapkan pot atau polybag tanam. Pot yang sanggup dipakai minimal berukuran 5-10 cm. Pastikan pot atau polybag mempunyai sistem drainase yang baik sehingga tumbuhan tidak membusuk. Sesuaikan pula dengan peletakannya, Apabila diletakkan di meja atau daerah penting, usahakan beri penampungan air dibawahnya biar tidak membasahi daerah peletakan. Jika sermua sudah siap, selanjutnya taburkan biji diatas media tanam kemudian tutup dengan tanah tipis saja dan beri sedikit air biar kelembabannya terjaga.


Perawatan Bunga Pacar Air


Lakukan penyiraman secara rutin selama 1 ahad masa tanam. Setelah berkecambah dan tumbuhan telah berumur 3-4 mingu beri pupuk kandang/kompos dengan takaran 1 sdm/tanaman/pot. Ulangi pemupukan tersebut sesudah umur 2 bulan, sesudah itu hentikan pemupukan. Apabila tumbuhan biasa diletakkan di daerah teduh atau ruangan maka sesekali pot diletakkan diluar biar terkena sinar matahari sehingga sanggup tumbuh subur.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Pacar Air Dengan Praktis Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Pacar Air Dengan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel